|
Menu Close Menu

Anggota Komisi VII DPR RI Terus Berupaya Geliatkan UMKM di Sorong

Jumat, 28 Juli 2023 | 22.16 WIB

Rico Sia, anggota Komisi VII DPR RI saat dalam kegiatan Diklat 3 IN 1 Pengolahan Ikan. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Jakarta- Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Rico Sia terus berupaya menggeliatkan UMKM di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya. 


Kali ini Rico menggandeng Balai Diklat Industri Makassar menyelenggarakan 'Diklat 3 in 1' pengolahan ikan. Kegiatan itu berisi pelatihan, sertifikasi kompetensi dan penempatan kerja.


"Kehadiran saya adalah untuk membangkitkan gairah pengusaha baru setelah mendapatkan pelatihan," ujar Rico.


Legislator NasDem dari Dapil Papua Barat itu juga siap memberikan bantuan modal bagi para calon pengusaha tersebut. Dengan begitu, mereka langsung bisa membuka dan mengembangkan usaha setelah selesai diklat.


"Bantuan untuk kegiatan seperti ini memang bagusnya atas nama kelompok, bukan pribadi. Sehingga akan lebih besar impact-nya nanti ketika diberikan atas nama kelompok. Bantuan modalnya nanti senilai Rp10 juta per kelompok yang masing-masing beranggotakan 10 orang," ujarnya.


Rico mengatakan sektor UMKM merupakan penopang ekonomi negara. Untuk itu, ia konsisten memberikan bantuan pelatihan dan permodalan bagi UMKM, termasuk di Sorong.


Lebih lanjut Rico mengajak Pemda Sorong untuk turut memperhatikan sektor UMKM. Ia berharap pemda dapat menyerap produk-produk UMKM dengan membelanjakan APBD untuk produk lokal.


"Sebenarnya arahan dari Presiden Jokowi sudah jelas. Setiap daerah diminta membelanjakan APBD untuk membeli produk lokal di daerahnya. Ini adalah cara terbaik untuk memberdayakan para pelaku UMKM. Jadi seharusnya ada anggaran khusus yang disiapkan untuk itu," tandasnya.(sonia/dis/*)

Bagikan:

Komentar