|
Menu Close Menu

Anggota Komisi V DPR RI Sosialisasi Program Sanimas Pada Warga Pacitan

Kamis, 07 September 2023 | 19.40 WIB

Sri Wahyuni, Anggota Komisi B DPR RI dari Fraksi NasDem saat sosialisasi program Sanimas di Pacitan. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Pacitan- Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Sri Wahyuni, menggelar sosialisasi program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S), di Desa Sempu, Nawangan, Pacitan, Jawa Timur, Rabu (6/9/2023).


Sosialisasi itu merupakan awal pelaksanaan program Sanimas SPALD-S yang digagas Sri Wahyuni.


"Program SPALD-S ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab negara dalam mengurangi permukiman kumuh, meningkatkan taraf hidup, dan kesehatan masyarakat melalui pembangunan fasilitas sanitasi yang memadai," ujar Sri Wahyuni dalam keterangannya, Kamis (7/9).


Legislator dari Dapil Jawa Timur VII (Ponorogo, Magetan, Pacitan, Trenggalek, dan Ngawi) itu mengatakan, masih cukup banyak daerah di Indonesia yang menghadapi masalah Open Defecation (OD)/buang air sembarangan karena faktor kemiskinan. Itu bisa menjalar ke masalah lain seperti stunting.


''Selain itu, masalah ini juga menghambat Indonesia untuk ikut menuntaskan salah satu dari 17 poin SDGs, yaitu Good Health & Well Being yang indikatornya termasuk sanitasi yang layak," tandasnya.


Sri Wahyuni berharap desa dan masyarakat penerima manfaat SPALD-S bisa menjadi desa yang lebih sehat dan sejahtera."Hal itu bisa menunjang peningkatan kualitas hidup, baik dalam kegiatan sosial maupun ekonomi masyarakat secara umum," pungkasnya. (dis/*)

Bagikan:

Komentar