|
Menu Close Menu

Akan Gelar Drama Kolosal, Bupati Fauzi: Cerminkan Keagungan Sumenep

Selasa, 24 Oktober 2023 | 22.30 WIB

Achmad Fauzi Wongsojudo, Bupati Sumenep. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id Sumenep – Dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi ke-754, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur akan menggelar drama kolosal prosesi pelantikan Adipati pertama Sumenep Arya Wiraraja pada Sabtu (28/10/2023) mendatang.


Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan bahwa pertunjukan drama kolosal itu dijadwalkan pada pukul 07.00 WIB, dengan melibatkan berbagai elemen untuk memeriahkan acaranya, baik pelajar maupun masyarakat umum. 


“Berdirinya Kabupaten Sumenep tidak lepas dari peristiwa 754 tahun silam, saat diangkatnya Arya Wiraraja menjadi Adipati pertama Kabupaten Sumenep 31 Oktober 1269 lalu,” katanya, Selasa (24/10/2024) kemarin.


Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa prosesi Arya Wiraraja tahun ini tidak di Kecamatan Kota Sumenep, namun penyelenggaraan kegiatannya di Kota Tua Kecamatan Kalianget, di Halaman Kantor PT Garam. 


“Prosesi hari jadi ke-754 Kabupaten Sumenep selain prosesi Arya Wiraraja, juga dirangkai dengan kegiatan lain, di antaranya tari kreasi, tari kolosal, topeng dalang, tari juwak, serta pawai budaya dengan menampilkan tujuh kereta kencana, jaran serek dan tongtong serek” terangnya.


Kabupaten Sumenep yang berdiri pada 1269 adalah kerajaan, namun pada 1929 berubah menjadi Kabupaten, sampai saat ini tercatat mulai dari masa Arya Wiraraja telah dipimpin 35 raja dan 17 bupati. 


“Yang jelas, prosesi pelantikan Arya Wiraraja mampu mencerminkan keagungan Kabupaten Sumenep, supaya para pemimpin penerusnya berkomitmen memajukan dan memakmurkan daerah dengan ikhlas,” pungkasnya.(Zi)

Bagikan:

Komentar