|
Menu Close Menu

Fasilitas Air Bersih Sumur Bor di Desa Batuputih Daya Diresmikan

Minggu, 01 Oktober 2023 | 23.55 WIB

Peresmian Fasilitas Sumur Bor di Desa Batuputih Daya, Kecamatan Batuputih, Sumenep. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id Sumenep – Kodim 0827/Sumenep dan Yayasan Tunas Bakti Nusantara resmikan fasilitas air bersih sumur bor di Desa Batuputih Daya, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur diresmikan pada Ahad (01/10/2023).


Kegiatan tersebut turut dihadiri tokoh dan perwakilan dari masyarakat setempat, Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko, dan Sekretaris Daerah Sumenep Edy Rasiyadi.


Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi mengatakan bahwa tujuan digagasnya sumur bor tersebut untuk meringankan beban warga  yang sebelumnya kerap mengalami kesulitan untuk sekadar mengakses air.


"Adanya sumur bor ini dapat membantu masyarakat Desa Batuputih Daya yang mengalami kesulitan air," katanya kepada sejumlah awak media pada Minggu (01/10/2023).


Ia menambahkan bahwa anggaran pengadaan sumur bor bukan didapat dari APBN, APBD Provinsi, maupun APBD Kabupaten. Namun anggaran diakuinya bersumber dari sumbangan dana donatur yang dihimpun oleh Yayasan Tunas Bakti Nusantara.


"Anggaran ini dari yayasan yang itu memang gorong-royong dari para donatur. Itu juga positif, karena bukan dari anggaran APBN," ucap Donny.


Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Edy Rasiyadi turut mengapresiasi langkah Kodim 0827/Sumenep bersama Yayasan Tunas Bakti Nusantara yang membantu memberikan akses air bersih untuk warga Desa Batuputih Daya.


Menurut Edy, hal tersebut merupakan capaian yang patut diacungi jempol mengingat banyak warga setempat sulit mendapat air imbas dari cuaca ekstrem.


"Kita tahu bahwa di Sumenep ini ada beberapa kecamatan yang kesulitan air di musim kemarau. Mudah-mudahan ke depan akses air untuk warga dapat terpenuhi. Meskipun di masa cuaca ekstrem ini, masih ada beberapa titik yang kesulitan air. Tetapi Pemkab Sumenep berupaya untuk memfasilitasi dengan tangki-tangki air yang ada," pungkasnya. (Zi)

Bagikan:

Komentar