|
Menu Close Menu

Berebut Kursi DPR RI PKB Dapil Madura, Ada Petahana, Mantan Bupati Pamekasan hingga Tokoh Muda

Minggu, 05 November 2023 | 19.25 WIB

Screenshot DCT Caleg DPR RI PKB dari Dapil Jatim XI. (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id, Surabaya- Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPR RI se- Indonesia. Untuk Caleg DPR RI Dapil Jatim XI  Madura Raya (Bangkalan-Sampang-Pamekasan-Sumenep) dari PKB diisi oleh calon-calon yang potensial.


Setidaknya, ada beberapa tokoh yang akan berebut kursi DPR RI PKB dari Dapil Jatim XI, Madura Raya diantaranya ; ada petahana di nomor urut satu yaitu H. Syafiuddin, S.Sos, M.H yang saat ini menjabat anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PKB.


Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun media, politisi yang akrab disapa Abah Syafi ini bukan orang baru dalam dunia politik. Ia pernah menjabat anggota DPRD Kabupaten Bangkalan, kemudian pernah juga di DPRD Provinsi Jawa Timur. Selain sebagai anggota DPR RI, Abah Syafi juga saat ini menjabat Ketua DPC PKB Kabupaten Bangkalan.


Di nomor urut dua, ada politisi asal Kabupaten Pamekasan yaitu H. Baddrut Tamam, S.Psi, M.HP. Ia merupakan mantan Bupati Pamekasan periode 2018-2023. Sebelum menjabat sebagai Bupati, politisi muda yang juga mantan Ketua Umum PKC PMII Jatim ini pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Timur selama dua periode.


Kemudian, di nomor urut empat ada tokoh muda asal Kabupaten Bangkalan Ilzam Musholeh, S.I.P. Ia merintis karirnya di Jakarta dengan menjadi Tenaga Ahli DPR RI serta menjadi Ketua Bidang Sosial dan Bencana DKN Garda Bangsa . Saat ini, politisi muda yang akrab disapa Cak Ilzam ini juga aktif sebagai Wakil Ketua Pengurus Pusat Sarana Pelestari Kesenian Silat Madura (SPKSM).


Nomor urut lima ada tokoh muda asal Kabupaten Sumenep Bustanul Arifin, S.Thi. Politisi muda berlatar belakang aktivis PMII ini juga berkarir di Jakarta, dan saat ini aktif  di sayap Partai PKB yaitu di Garda Bangsa. Ia menjabat Ketua 1 DKN Garda Bangsa yang membidangi aparatur & organisasi.


Bustanul Arifin, saat dikonfirmasi media membenarkan bahwa dirinya maju sebagai Caleg DPR RI Dapil Jatim XI. 


Terkait perolehan kursi, ia menjelaskan bahwa target kursi DPR RI Dapil Madura dua kursi.


" Targetnya kita dua kursi, mohon doanya," jawabnya singkat, Minggu (05/11/2023).

Selian empat nama tersebut, masih ada empat nama lain yang juga akan berkompetisi berebut kursi DPR RI PKB dari Dapil Madura. Berdasarkan DCT yang ditetapkan KPU RI, berikut 8 nama Caleg DPR RI PKB Dapil Jatim XI ;


1. H. Syafiuddin, S.Sos, M.H
2. H. Baddrut Tamam, S.Psi, M.HP.
3. Dewi Purnama
4. Ilzam Musholeh, S.I.P
5. Bustanul Arifin, S.Thi
6. Laili Fitria
7. Aliman Harish
8. Abu Hasan, S.H

Bagikan:

Komentar