|
Menu Close Menu

Rancang Konferensi Internasional, UIN KHAS Jember Gandeng Universitas Paris 1 Pantheon-Sorbonne

Senin, 11 Desember 2023 | 12.48 WIB

Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Prof. Dr. M. Khusna Amal bersama Dekan Fakultas Syariah Dr. Wildani Hefni tengah melakukan kajian riset di Eropa. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Jember - Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Prof. Dr. M. Khusna Amal bersama Dekan Fakultas Syariah Dr. Wildani Hefni tengah melakukan kajian riset di Eropa. Mereka bertemu dengan komunitas Muslim di empat negara yaitu Belanda, Jerman, Belgia dan Prancis.


Saat berada di Prancis, keduanya juga mengunjungi beberapa kampus untuk menjajaki peluang kerjasama kelembagaan, riset dan publikasi, termasuk kerja sama penyelenggaran konferensi internasional.


Di Paris, Prof Khusna Amal dan Dr Wildani Hefni berkunjung ke Universitas Paris 1 Pantheon-Sorbonne. Keduanya membangun komunikasi untuk melakukan kerja sama dalam penguatan reputasi akademik, salah satunya adalah kerja sama penyelenggaraan konferensi internasional dengan topik tematik berkaitan dengan bidang ilmu humaniora, sejarah, hukum, ekonomi, dan saintek.


Wakil Rektor bidang akademik dan pengembangan kelembagaan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Prof Khusna Amal mengungkapkan bahwa kerja sama penyelenggaraan konferensi internasional kedepan dapat dilakukan dengan jalinan kemitraan bersama Universitas Paris 1 Pantheon-Sorbonne. Menurutnya, kampus UIN KHAS Jember memiliki kesiapan untuk menjadi hosting institution.


“Universitas Paris 1 Pantheon-Sorbonne merupakan salah satu kampus terkemuka di Eropa dengan sejarah panjang pergulatan akademik. Kami berharap penjajakan kerjasama kelembagaan ini  dapat mendorong program internasionalisai UIN KHAS Jember dalam penguatan tri dharma perguruan tinggi. Perancangan kerjasama konferensi internasional menjadi salah satu pintu masuk untuk mewujudkan hal tersebut,” ungkap Prof M Khusna Amal, Jumat, (8/12/2023) saat berada di Universitas Paris 1 Pantheon Sorbonne, Prancis. 


Dekan Fakultas Syariah Dr. Wildani Hefni yang turut hadir di Universitas de Paris 1 Pantheon-Sorbonne berharap penjajakan kerja sama kelembagaan ini dapat menghasilkan working joint group dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.  


Rektor UIN KHAS Jember Prof Dr. Hepni Zain turut mendukung atas inisiasi kerja sama kelembagaan tersebut. Dikatakan Hepni, program internasionalisasi kampus UIN KHAS Jember perlu untuk terus dimasifkan. 


“Penjajakan kerja sama kelembagaan UIN KHAS Jember dengan perguruan tinggi terkemuka di dunia menjadi modal awal bagi kami untuk terus meningkatkan reputasi akademik UIN KHAS Jember di kancah internasional. Penyelenggaraan konferensi internasional dengan menggandeng perguruan tinggi mitra luar negeri dapat memperluas jejaring akademik civitas akademika UIN KHAS Jember” demikian ungkap Rektor UIN KHAS Jember. (Humas)

Bagikan:

Komentar