|
Menu Close Menu

Rekapitulasi Hasil Pemilu Tingkat Provinsi 2024, KPU Jatim Selesaikan 31 Kabupaten/Kota

Kamis, 07 Maret 2024 | 23.00 WIB

Aang Kunaifi, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur saat memberikan keterangan pers kepada media di Hotel Shangri-La Surabaya. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur telah melangsungkan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu Tahun 2024 sejak Minggu, 3 Maret 2024 di Hotel Shangri-La Surabaya.


Berdasarkan pantauan media, proses rekapitulasi berjalan sesuai dengan rencana dan berlangsung kondusif. 


" Sejak hari pertama hingga saat ini, sebanyak 31 dari 38 KPU Kabupaten/Kota telah dilakukan pembacaan dokumen D. HASIL KABKO yang meliputi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, dan DPRD Provinsi," jelas Aang Kunaifi, Kamis (07/03/2024).


Mantan Komisioner  Bawaslu Jatim ini menambahkan bahwa seluruh SDM KPU Provinsi Jawa Timur, mulai jajaran komisioner dibantu dengan sekretariat telah berusaha menuntaskan tahapan pleno rekapitulasi sesuai jadwal dan berlangsung secara kondusif, agar tidak muncul masalah dan kendala ketika dilakukan rekap di tingkat nasional. 


" Sementara, dari data 31 KPU Kabupaten/Kota yang masuk tersebut diketahui tingkat partisipasi masyarakat Jawa Timur pada Pemilu 2024 sudah melampaui target nasional, yaitu 84%. Bahkan di 2019 ada 1 Kabupaten/Kota yang dibawah target, namun saat ini semuanya memenuhi target nasional," beber pria yang akrab disapa Aang ini.


" Terima kasih kepada seluruh masyarakat jawa timur yang hadir ke TPS, memberikan hak suara yang tentu menjadi penentu masa depan bangsa," tambahnya. 


Masih kata Aang, tingginya tingkat partisipasi masyarakat tersebut tidak lepas dari kolaborasi multipihak, antara KPU, Bawaslu, Pemerintah Daerah, Forkorpimda, Peserta Pemilu dan Media yang cukup massif memberikan informasi selama tahapan pemilu berlangsung. 


Termasuk, lanjut Aang, tahapan rekapitulasi yang saat ini berlangsung, tentu KPU juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu. Pengamanan dari kepolisian, serta berbagai pemantauan yang dilakukan dari unsur masyarakat. 


Menurutnya, sesuai aturan, Rapat pleno rekapitulasi bersifat terbuka. KPU Provinsi Jawa Timur telah menyiapkan secara live melalui kanal youtube resmi KPU Jawa Timur agar bisa disaksikan oleh seluruh elemen masyarakat. 


Kemudian kalau terkait dengan monitoring oleh PJ Gubernur, beserta rombongan tentu tidak menyalahi aturan dalam regulasi. Sebagai pemangku kepentingan di Jawa Timur, PJ Gubenur dan rombangan melakukan monitoring untuk memastikan proses rekap berjalan aman dan kondusif. (Had)

Bagikan:

Komentar