|
Menu Close Menu

Disaksikan KPK RI dan Pj Bupati, Puluhan Kades di Bangkalan Tandatangani Pakta Integritas Desa Antikorupsi

Kamis, 30 Mei 2024 | 16.01 WIB

Penandatanganan Pakta Integritas Desa Antikorupsi oleh salah satu perwakilan Kades di Bangkalan. (Dok/Had).

Lensajatim.id, Bangkalan- Kurang lebih 50 Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Bangkalan yang tergabung dalam Asosiasi Kepala Desa (AKD) menandatangani Pakta Integritas Desa Antikorupsi Kabupaten Bangkalan. 


Hal tersebut dilakukan saat acara pembukaan Roadshow Bus KPK 2024 " Jelajah  Negeri Bangun Antikorupsi" di Pendopo Bupati Kabupaten Bangkalan, dengan disaksikan secara langsung oleh Tim KPK RI dan Pj. Bupati Bangkalan, Kamis (30/05/2024).

Tim Penyuluh Antikorupsi Jawa Timur. (Dok/Istimewa).

Berdasarkan pantauan media, para Kades yang merupakan pengurus AKD Kabupaten dan Kecamatan se-kabupaten Bangkalan secara bergiliran melakukan penandatanganan Pakta Integritas Desa Antikorupsi. Dalam Pakta Integritas yang ditandatangani para Kades ada beberapa item yang intinya merupakan komitmen untuk tidak melakukan korupsi.


Sebelumnya saat menyampaikan sambutan Pj. Bupati Bangkalan, Dr. Arief M. Edie, M.Si mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Tim KPK RI yang sudah datang ke Kabupaten Bangkalan. Menurut Arief, kehadiran KPK di Kabupaten Bangkalan sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat. 


Dirinya berharap, kehadiran KPK RI bisa memberikan pemahaman kepada OPD, Camat, Kades dan institusi lainnya terkait kebijakan yang tidak melanggar aturan secara hukum. 


Di tempat yang sama , Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK RI, Amir Arief menjelaskan bahwa tujuan kegiatan tersebut sebagai upaya memberikan pendidikan dan pencegahan korupsi. 


Badrul Al Razi, Ketua Penyuluh Antikorupsi Jawa Timur menyambut baik Pakta Integritas Desa Antikorupsi yang ditandangani oleh para  Kades.


" Ini dalam rangka membangun kebersamaan bahwa temen-temen kepala desa mempunyai misi yang sama dengan KPK yaitu mencegah terjadinya korupsi ditingkat desa," ucap Badrul. 


" Harapan saya mohon diingat beberapa kalimat, beberapa item yang ada dalam Pakta integritas dan sudah ditandatangani diantaranya ada bahwa tidak akan lagi ada perilaku-perilaku korupsi," tambahnya. 


Kusumaningsih, Kades Tajungan, Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan yang juga hadir dan ikut menandatangani Pakta Integritas mengaku menyambut baik dan mendukung upaya dan komitmen Pj. Bupati Bangkalan dan KPK RI dalam membangun tata kelola pemerintahan yang semakin lebih baik lagi, mulai dari level desa hingga kabupaten. (Had/Red) 

Bagikan:

Komentar