|
Menu Close Menu

IGTKI Kecamatan Talango Raih Juara 2 Festival Tan-pangantanan Tingkat TK

Sabtu, 25 Mei 2024 | 19.43 WIB

Peserta Lomba dari IGTKI Kecamatan Talango. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Sumenep - Pemerintah Kabupaten Sumenep lewat Dinas Pendidikan (Diknas) menyelenggarakan Festival Tan-pangantanan tingkat Sekolah Dasar (SD) dan TK, Sabtu (25/05/2024).


Kegiatan dengan rute dari Rumah Dinas Bupati sampai Labeng Misem Sumenep, Madura diikuti oleh peserta dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Sumenep. 


Kegiatan itu yang bertajuk "ngopene en mainan kona" (melestarikan permainan tradisional) sebagai ajang edukasi pelestarian terhadap budaya Sumenep melalui penampilan anak-anak kecil yang menggunakan khas pengantin ala Sumenep.


Untuk tingkat TK, utusan dari IGTKI Kecamatan Talango berhasil memperoleh juara 2. 


Salah satu peserta yang tampak tampil cantik dari IGTKI Kecamatan Talango nomor punggung 6 dari  merupakan peserta didik dari TK. Raudhatul Muta’allimin yang dikepalai oleh Ibu Uswatun Chasanah, S.Pd., AUG. Ananda tersebut  atas nama Balqis Nazla Farzana atau biasa dipanggil NAZLA putri dari Febri Jawahirul Firdaus Sekretaris IKA PMII Talango. 


Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Agus Dwi Saputra, menyampaikan bahwa festival ini diikuti oleh peserta dari 20 kecamatan dari semua wilayah kabupaten Sumenep.


“Untuk jenjang TK, ada sebanyak 25 kontingen. Sedangkan SD sebanyak 18 kontingen, sehingga total keseluruhan peserta adalah 43 kontingen,” jelas Agus.


Festival tersebut membuat wali murid kagum dan memberikan apresiasi. Sebagai orang tua, pihaknya memberikan dukungan dan ikut serta menyaksikan secara langsung. 


" Kegiatan seperti Tan-pangantanan ini sangat mengedukasi anak-anak didik untuk mengenal kearifan lokal sejak dini, selain itu kegiatan ini dapat melestarikan kebudayaan lokal Sumenep,” Febri Jawahirul Firdaus disela-sela menyaksikan Festival. (Zi/Had)

Bagikan:

Komentar