|
Menu Close Menu

Lima Mahasiswa Universitas Brawijaya Raih Medali Emas Dalam Ajang World Young Inventors Exhibition di Malaysia

Kamis, 23 Mei 2024 | 08.02 WIB

Lima Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) saat ikut ajang World Young Inventors Exhibition yang diadakan di Kuala Lumpur Convention Center, Malaysia. (Dok/Istimewa). 

Lensajatim.id, Surabaya- Lima mahasiswa dari program studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) berhasil meraih Medali Emas di ajang World Young Inventors Exhibition yang diadakan di Kuala Lumpur Convention Center, Malaysia, dari tanggal 15-18 Mei 2024. 


Kelima mahasiswa tersebut  adalah Rahmat Rayansha, M. Filzah Zulfaqar, Elviana Fauziyah, Sri Dyah Nurul F, dan Andreas Hutabarat. 


“Alhamdulilah kesempatan yang luar biasa bisa mengikuti perlombaan internasional dan diberikan kemenangan setelah persiapan yang cukup panjang. Kami mendapatkan Gold Medal dengan persaingan dari berbagai negara dan universitas top. Semoga ini bukan menjadi penutup namun menjadi langkah untuk kemenangan selanjutnya,” kata Rayansha mewakili tim, lewat keterangan media yang diterima redaksi, Rabu (22/05/2024).


Menurutnya, dalam kompetisi tersebut, tim melewati tahapan seleksi karya ilmiah dan prototype, serta presentasi di hadapan para juri. Dengan inovasi karya yang berfokus pada bidang agrikultur dan diberi nama "Victuality". 


Itu berupa inovasi mengembangkan solusi inovatif ini untuk membantu petani dan mendukung pengembangan ekonomi nasional melalui pemberdayaan petani muda. Sistem "Victuality" memfasilitasi pembelian produk pertanian langsung dari produsen utama dan menyediakan informasi pasar lokal kepada produsen dan konsumen untuk mempermudah transaksi jual beli melalui situs web dan aplikasi dengan metode auction.


Rayansha menceritakan, "Victuality" juga menawarkan database informasi terkini yang berbasis sistem informasi geospasial (SIG) dan menerapkan konsep keterlacakan bagi petani dan pembeli. Tujuannya adalah membangun kepercayaan antara kedua belah pihak serta menyediakan platform yang memudahkan kegiatan jual beli. Persiapan tim dalam mengikuti kompetisi ini dibimbing oleh dosen Fauzul Rizal Sutikno, ST., MT., Ph.D.


NEGARA

- Thailand 

- Oman

- Saudi Arabia 

- Republik Of Korea (ROK)

- Taiwan

- Vietnam

- Qatar

- Hongkong 

- United Arab Emirates

- Indonesia

Bagikan:

Komentar