|
Menu Close Menu

Bazar Kewirausahaan Semarakkan Dies Natalis Unira Malang

Selasa, 11 Juni 2024 | 16.11 WIB

Bazar UMKM Dalam Rangka Dies Natalis Universitas Raden Rahmat (Unira) Malang. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Malang – Pekan Dies Natalis Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang ke-10 disemarakkan dengan kegiatan Bazar Kewirausahaan. Tema yang diusung “Becoming an Independent Generation Through Entrepreneurship.” Berlangsung di lapangan utama Kampus 1 Unira Malang, Jalan Raya Mojosari 2 Kepanjen, pada Selasa (6/11/2024).


Sebagai informasi, Bazar Kewirausahaan merupakan rangkaian tugas akhir mahasiswa yang mengikuti MKWU (Mata Kuliah Wajib Universitas) Kewirausahaan. Produk dan jasa yang ditampilkan pada Bazar Kewirausahaan melalui proses kurasi dan kalibrasi. Proses tersebut berlangsung selama 1 semester.


Astrid Sari mahasiswa peserta Bazar Kewirausahaan mengungkapkan bahwa Bazar Kewirausahaan dapat memberikan informasi kepada seluruh pihak atas kemampuan yang dimiliki oleh mahasiswa dalam bidang bisnis dan kewirausahaan. Merasa PD karena produk dan jasa sudah melalu proses seleksi.


"Kegiatan ini (red. Bazar Kewirausahaan) digelar untuk mempersembahkan inovasi dan kreasi dari para mahasiswa di berbagai bidang. Dengan beragam produk dan ide brilian, ini menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk memamerkan potensi bisnis mereka dan menjalin jaringan," ungkap Astrid, Mahasiswa Prodi Perbakan Syariah Unira Malang.


Ana Nurwakhidah, M.EI. salah satu team teaching Kewirausahaan mengatakan bahwa Bazar kewirausahaan kali ini akan menampilkan produk dari 85 Kelompok yang terdiri dari berbagai prodi dan fakultas. 

Neng Ana, sapaan akrab Sekretaris Prodi Ekonomi Syariah ini menambahkan, Bazar Kewirausahaan diselenggarakan sebagai bentuk realisasi capaian pembelajaran akhir MKWU Kewirausahaan, dan sebagai bentuk dukungan Universitas.


“Melalui MKWU Kewirausahaan, ide-ide bisnis direalisasikan dan dikembangkan oleh mahasiswa. Sehingga, besar harapan kami selaku Tim MKWU Kewirausahaan agar event ini dapat terselenggara dengan support penuh dari berbagai pihak,” ujar Neng Ana.


Hal tersebut dipertegas Dr Sutomo SAg MSos selaku Wakil Rektor 1, entrerpreneurship merupakan  salah satu life skill yang harus di miliki semua generasi muda.


“Entrepreneurship merupakan  salah satu life skill yang harus di miliki semua generasi muda. Terkhusus mahasiswa Unira Malang untuk mempersiapkan Indonesia Emas 2045," ungkap Bung Tomo sapaan akrabnya. 


Sementara itu, H. Imron Rosyadi Hamid, S.E., M.Si Rektor Unira Malang ditemui mengungkapkan, koneksitas bonus demografi dan pentingnya pendidikan entrepreneurship. 

“Bonus Demografi, ini diperkirakan akan terjadi dari tahun 2030 hingga 2040. Ketika lebih banyak orang usia produktif daripada orang nonproduktif. Bonus demografi terkait erat dengan entrepreneurship,” ungkap Gus Imron sapaan karibnya. 


“Dalam menghadapi bonus demografi, Unira Malang menyadari betul pentingnya pendidikan entrepreneurship agar alumni memiliki peluang yang lebih besar untuk berwirausaha. Semangat berbisnis, entrepreneurship dapat membantu memanfaatkan bonus demografi. Peluang kerja dapat diciptakan dengan mendorong hal ini,” pungkas sosok yang juga Wasekjend PBNU ini.


Selain Bazar Kewirausahaan, acara juga disemarakkan dengan bursa buku, talkshow MBKM yang digawangi oleh tim akademik juga mahasiswa alumni peserta AWMM. Kampus Mengajar, MSIB dan Pertukaran Mahasiswa. Tidak kalah menarik juga akan ada penampilan hiburan kreasi dan seni dari UKM Davinci dan pemberian Young Entrepeneurship Award. [abe]

Bagikan:

Komentar