|
Menu Close Menu

Produk UMKM Binaan MHI Banyak Diminati Pengunjung Pada Acara Tera' Bulan di Kamal Bangkalan

Sabtu, 22 Juni 2024 | 12.16 WIB

Mathur Khusairi, Anggota DPRD Jatim saat mengunjungi stand UMKM Binaan MHI di Acara Malam Tera' Bulan di Pelabuhan Kamal Bangkalan. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Bangkalan- Pemerintah Kabupaten Bangkalan (Pemkab) lewat Dinas Budaya dan Pariwisata kembali mengadakan event Malem Tera' Bulan di Pelabuhan Kamal, Bangkalan, Jumat ( 21/06/2024).


Kegiatan yang mengusung tema Abhantal Omba' Asapo' Angen ini selain menampilkan atraksi seni dan budaya Bangkalan juga memamerkan produk UMKM yang ada di Kabupaten Bangkalan. 

Pj. Bupati Bangkalan, Dr. Arief M. Edie, M.Si, saat berkunjung ke stand UMKM Binaan MHI. (Dok/Istimewa).

Direktur Muslimah Humanis Indonesia (MHI), Dr. Hj. Mutmainah, M. Si, M.PdI, menjelaskan bahwa pihaknya juga berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan ikut membuka stand memamerkan produk UMKM yang menjadi binaan dari MHI. 


Menurut perempuan yang akrab disapa Bu Mutmainah ini, setidaknya ada 5 kelompok UMKM Binaan yang ikut dalam pameran tersebut yaitu dari Desa Gangseyan, Desa Lerpak, Desa Sobih, Kelurahan Bancaran, dan Ponpes Al-Hidayah Bangkalan.


" Untuk Gangseyan ini produknya Jahe Instan, Temu Lawak Instan, Minuman Sinom, dan Wedang Uwuh," ucap Mutmainah kepada media. 


Pihaknya lalu membeberkan, untuk Desa Lerpak ada Kripik Pisang Kapok dan Kripik Singkong. Lalu dari Desa Sobih ada Kripik  Ketela dan Selai Durian.  


Kemudian yang dari Kelurahan Bancaran ada produk kerajinan lampu dari kulit kerang, kerajinan gantungan kunci dari kulit kerang, dan juga ada aneka sayur organik.


" Kalau yang dari Ponpes Al-Hidayah ini produknya sabun dari daur ulang minyak jelantah, lilin dari daur ulang jelantah Terjual, dan  eco print  tas," tandasnya. 


Produk yang dipasarkan tersebut tambah Mutmainah, merupakan hasil karya dari para pemuda dan santri yang sebelumnya mendapatkan pelatihan kewirausahaan  berbasis potensi lokal, hingga melakukan praktik pembuatan produk dan menghasilkan produk yang bisa dijual. Proses kegiatan pelatihan dan pendampingan tersebut MHI menggandeng Education Development Center (EDC) NGO dari DC Amerika Serikat. 


" Selain itu kami juga jual makanan dan minuman seperti bakso, aneka gorengan dan jajanan tradisional lainnya. Alhamdulillah banyak yang laku. Semoga ini bisa menjadi awal yang baik bagi pelaku UMKM Binaan kami. Semoga kedepannya produknya semakin baik dan semakin meningkat penjualannya," harapnya. 


Berdasarkan pantauan media, tampak stand UMKM Binaan MHI banyak dikunjungi para pengunjung dari sore hingga malam hari. Bahkan terlihat berkunjung ke stand tersebut Pj. Bupati Bangkalan, Dr. Arief M. Edie, M.Si, bersama jajaran Forkopimda. Tidak hanya itu terlihat juga Mathur Khusairi, Anggota DPRD Jatim berkunjung ke stand dan melihat langsung produk-produk unggulan yang dipamerkan. (Fiq/Had) 

Bagikan:

Komentar