|
Menu Close Menu

Tumbuhkan Jiwa Wirausaha, Peserta LBT PII Lakukan Kolaborasi Dengan Pelaku UMKM di Lamongan

Selasa, 02 Juli 2024 | 07.21 WIB

 

Peserta LBT PII Jawa Timur saat mengikuti  Bussiness Eksperimen. (Dok/Istimewa). 
Lensajatim.id, Lamongan- Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia (PW PII) Jawa Timur mengadakan Leadership Basic Training (LBT) sejak tanggal 24-30 Juni 2024 di Ponpes Tahfidzul Qur'an Rohullah Blimbing Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. 


Dalam kegiatan tersebut, para peserta LBT terjun langsung ke masyarakat guna menyelesaikan tugas  “Bussiness Eksperimen” pada hari jum’at 28 juni 2024. Peserta yang terdiri dari siswa/siswi SMP – SMA berasal dari beberapa daerah di Jawa Timur. Di antaranya ada yang dari Blitar, Surabaya, Pamekasan, Gresik, dan Lamongan. 


Mereka berkolaborasi langsung dengan para pelaku UMKM setempat untuk melakukan “Bussiness Eksperimen”  di Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. 


Harapannya para peserta menjadi lebih profesional dalam bersosialisasi secara  langsung kepada masyarakat, dan dapat belajar langsung mengenai bisnis ke para pelaku UMKM tersebut. UMKM yang diajak berkolaborasi terdiri dari bermacam-macam bidang jenis usaha. Di antaranya adalah bidang usaha  konveksi rumahan, Depot Air Minum, Furniture rumahan, dan juga toko kelontong. 


Menurut Farhan selaku Koordinator Tim Instruktur Leadership Basic Training (LBT) Kabupaten Lamongan 2024, kegiatan tersebut bertujuan untuk  menumbuhkan dan menanamkan jiwa Enterpreneurship pada diri masing - masing peserta Leadership Basic Training. Hal itu juga menjadi bentuk aktualisasi dari salah satu materi yang di didiskusikan pada kegiatan Leadership Basic Training selama 7 hari tersebut.


Farhan berharap  semoga dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh para peserta Leadership Basic Training (LBT) Kabupaten Lamongan 2024 tersebut dapat mewujudkan bentuk Kemandirian Ekonomi Umat, serta dapat memotivasi para pelajar untuk belajar berwirausaha sejak dini. Karena komitmen  mewujudkan Kemandirian Ekonomi Umat merupakan salah satu respon dari Organisasi Pelajar Islam Indonesia dalam menghadapi  permasalahan ketimpangan ekonomi yang sedang berlangsung. 


"Terus galakan Kemandirian Ekonomi Umat kepada para pelajar agar kelak menjadi wirausaha muda yang inovatif dan solutif dalam menghadapi tantangan ekonomi yang semakin timpang, karena dengan banyaknya para wirausaha muda yang inovatif dan solutif insyaallah dapat sedikit mengatasi jumlah pengangguran di Indonesia," ucap Farhan. (Tim) 

Bagikan:

Komentar