> Menjelang Idul Adha, Dinas Peternakan Bangkalan Siapkan Tim Pemeriksa Hewan Qurban Lensajatim.id
|
Menu Close Menu

Menjelang Idul Adha, Dinas Peternakan Bangkalan Siapkan Tim Pemeriksa Hewan Qurban

Kamis, 01 Agustus 2019 | 07.47 WIB

Maduranews.id.Bangkalan - Momentum hari raya Idul Adha 1440 H, Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan persiapkan tim pemeriksaan kesehatan hewan kurban, Rabu (31/7/2019).

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan Ahmad Hafid menyampaikan bahwa telah mempersiapkan tim pemeriksaan hewan kurban yang akan dilaksanakan H-7 Idul Adha ke pasar-pasar dan masjid yang ada.

"Minggu kemarin kami adakan sosialisasi penyembelihan hewan kurban, dan saat ini kami persiapkan tim kesehatan untuk pemeriksaannya", ucapnya

Hafid juga menambahkan bahwa tim yang dipersiapkan dari segala aspek, yaitu dari dokter hewan, tim medis, serta dari internal dinas peternakan.

"Kami memang persiapkan dengan matang, salah satunya dari segi tim kesehatan untuk pemeriksaan ini", tambahnya

Bidang Kesehatan Masyarakat dan Veteriner (Kesmavet) Siti Sumira menengaskan bahwa, pemeriksaan akan dilakukan pada kondisi umum, terdapat 3 point yang perlu dipenuhi pada hewan kurban yang diantaranya sehat, tidak cacat, dan cukup umur.

"Kalau hewan kurban setidaknya 3 point tersebut bisa terpenuhi, dengan cara pemeriksaan gigi dan kuku", ungkapnya

Setelah dilakukan pemeriksaan, untuk dinyatakan layak akan ada beberapa form yang perlu diselesaikan, jika memang layak dan sehat akan mendapatkan kalung sehat.

"Kami ada beberapa form yg disiapkan untuk menyatakan hewan tersebut sehat dan layak, yang sakit akan ada tindakan selanjutnya"tambahnya.(yud/hal)

Bagikan:

Komentar