> GPN Sumenep Bahas Pilkada 2020 Lewat Diskusi Virtual Lensajatim.id
|
Menu Close Menu

GPN Sumenep Bahas Pilkada 2020 Lewat Diskusi Virtual

Minggu, 23 Agustus 2020 | 11.40 WIB

Diskusi Virtual yang diselenggarakan oleh DPD GPN Kabupaten Sumenep


lensajatim id Sumenep- DPD Gerakan Pemuda Nusantara (GPN) Kabupaten Sumenep menggelar diskusi dengan tema "Jelang Pilkada 2020 : Bersama Membangun Kesadaran Politik Politik Masyarakat, Guna Mewujudkan Sumenep Bermartabat". Sabtu (22/08/2020)


Diskusi yang digelar secara virtual tersebut diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars GPN. Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Ketua DPD GPN Sumenep, Muhammad Hasip, ST dan Sambutan Ketum DPP GPN Verry Ahmad.


Muhammad Hasip dalam sambutannya menyampaikan, dirinya berharap  bahwa hadirnya narasumber dari berbagai latar belakang bisa memberikan informasi dan pengetahuannya yang kemudian bisa menjadi rumusan agar bisa ditransfer kepada masyarakat umum. 


Dilain pihak, Ketum DPP GPN Verry Ahmad juga menjelaskan bahwa GPN dalam momentum politik Pilkada serentak tahun 2020 ini melakukan kegiatan pengawalan diberbagai daerah. Banyak hal, kegiatan yang dilakukan dalam rangka ikut berkontribusi dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2020. 


A. Warits, S.Sos, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sumenep saat dalam pemaparannya menyampaikan terkait pelaksanaan Pilkada Sumenep 2020. Menurut, Warits, sebagai penyelenggaran pihaknya minimal ada dua hal yang harus dipastikan, yaitu setiap tahapan berjalan sesuai dengan waktunya, dan sebagai penyelenggara memastikan memedomani dan mematuhi dalam tidak tanduknya kode etik penyelenggaran pemilu.


" Setiap tahapan kita diatur, setiap tindak tanduk kita juga diatur, sehingga kita harus bisa menampilkan sebagai penyelenggara secara profesional," tukasnya. 


Dirinya juga berharap, Pilkada Sumenep tahun 2020 ini bisa menjadi transaksi ide terkait bagaimana masa depan Sumenep. Bukan transaksi di luar ide dan gagasan.


Ketua Badan Pengawas Pemuilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep Anwar  Noris, SH, juga mengutarakan paparannya secara virtual bila Bawaslu memiliki tugas untuk melakukan pengawasan terhadap setiap tahapan pelaksanaan Pilkada Sumenep yang dilakukan oleh KPUD sebagai pelaksana teknis. 


Untuk itu, pihaknya juga berharap peran serta masyarakat dalam melakukan pengawasan Pilkada Sumenep. Bahkan, bila ada temuan, Noris meminta masyarakat untuk tidak segan-segan menyampaikan laporan ke kantor Bawaslu Sumenep, tentu dengan disertai bukti-bukti yang ada. Itu untuk memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan sesuai dengan aturan, Pilkada yang bersih, jujur dan adil.


Sedangkan Adi Prayitno, Pengamat Politik dari Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia yang juga kelahiran Sumenep dalam menterinya banyak menyoroti bagaimana pelaksanaan proses demokrasi seperti Pilkada bukan hanya rutinitas lima tahunan saja yang tidak memiliki dampak pada kehiduapn masyarakat. 


Ia berharap para calon, partai politik serta tim sukses berpikir bagaimana membangun proses demokrasi yang berkualitas. Demokrasi yang mampu melahirkan perubahan untuk kesejahteraan rakyat. Bukan hanya sekedar demokrasi prosedural.


Salah satu narasumber lainnya, Rusman Hadi, Direktur Forum Muda Demokasi (Fomdem) Jawa Timur, banyak monyoroti bagaimana pentingnya penyelenggara pemilu termasuk juga para calon mampu memanfaatkan teknologi dalam melakukan kampanye dan sosialisasi lewat konten-konten kreatif kepada masyarakat. 


Itu, kata Rusman, cara yang paling penting dimanfaatkan oleh semua pihak dalam Pilkada di masa pandemi Covid 19 seperti sekarang ini. Dimana kegiatan tatap muka masih dibatasi dan harus mengikuti protokol kesehatan. 


Pria kelahiran Sumenep ini menegaskan bila demikian, lewat pesan-pesan yang tersampaikan diharapkan mampu membangun kesadaran politik masyarakat. Sehingga saat mereka berpatisipasi dalam Pilkada 9 Desember 2020, maka pilihannya adalah pilihan-pilihan rasional bukan pilihan pragmatis. 


Diskusi Virtual yang diselenggarakan DPD GPN Sumenep ini dimulai kurang lebih jam 13.00 WIB dengan diikuti sekitar 50 peserta yang tidak hanya dari Sumenep, bahkan ada dari luar Jawa.  Dalam diskusi yang dipandu oleh Wildan Rasaili, M.A (Sekretaris PSK2PD UNIJA) ini hadir juga sebagai narasumber dari perwakilan dua Partai Politik yang ada di Kabupaten Sumenep, yaitu Drs. H. A. Husaini Adhim, M.Si (Sekretaris DPD PAN Sumenep) dan Akis Jasuli, S.IP, M.Hub. Int'I  (Sekretaris DPD Partai Nasdem Sumenep). (Lil)


Bagikan:

Komentar