|
Menu Close Menu

Minta Masyarakat Tidak Ragu, PWNU Jatim Tegaskan Vaksin Covid 19 Suci

Kamis, 11 Maret 2021 | 08.09 WIB

LBM PWNU Jawa Timur saat memberikan keterangan pers terkait Vaksin Covid 19 (Dok/Lim)


lensajatim.id Surabaya-
Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (LBM PWNU) Jawa Timur mengeluarkan lima  Keputusan soal Hoaks Vaksinasi COVID-19 di kantor PWNU Jatim. Rabu (10/03/2021).


KH Safruddin Syarif, selaku Khatib Syuriah PWNU Jatim menjelaskan bahwa banyak hoaks yang beredar bahwa vaksin itu tidak perlu diikuti dan juga banyak yang mengatakan tidak halal. Untuk itulah, pihaknya  mengkaji secara hukum sehingga kemudian terjadi perdebatan beberapa ulama di sini. 


“Ini juga upaya menangkal berita hoax yang beredar vaksin itu haram atau semacamnya. Dan akhir dari proses pembuatannya itu suci tidak ada dihukumi najis,”  terangnya lewat keterangan persnya kepada sejumlah wartawan di Kantor PWNU Jatim. 


Ia menegaskan bila vaksinasi covid 19 wajib dikuti/ditaati, dengan alasan :


1. Ikhtiar menghindarkan diri dan orang lain dari potensi bahaya (penyakit) adalah kewajiban bersama sebagai warga negara Indonesia


2. Perbuatan yang hukumnya wajib apabila diperintahkan oleh pemerintah maka mengokohkan hukum wajib tersebut, sehingga tidak mentaati pemerintah dalam kebijakannya yang jelas-jelas tidak menyelesihi syara’ adalah dilarang (haram).


3. Vaksinasi sebagai upaya menghentikan penyebaran covid 19 merupakan upaya paling efektif, karena itu harus lebih diutamakan dan diprioritaskan.


4. Jenis vaksin yang telah direkomendasikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia adalah suci sebab pada prodak akhirnya tidak mengandung unsur najis sama sekali. Sebagaimana astrazeneca, sinovac dan lain-lain.


5. Dalam program vaksnasi ini, agar Pemerintah mulai pusat sampai yang paling bawah menyelenggarakan dengan sepenuh hati, jujur dan bertanggung jawab.     


Ditempat yang sama, KH. Romadlon Chotib Wakil Katib PWNU Jatim menambahkan  putusan itu juga dari hasil kajian secara hukum secara ketat. Hingga terjadi perdebatan. 


"Nah, dalam perdebatan itu menghasilkan bahwa semua jenis vaksin baik itu merk sinovac ataupun lainnya yang akan masuk di Indonesia adalah suci," bebernya. 


Oleh sebab itu masyarakat diimbau tidak perlu takut. Karena vaksinasi sendiri merupakan langkah atau upaya untuk memutus penyebaran Covid-19 khususnya di Jatim. (Lim/Red)

Bagikan:

Komentar