|
Menu Close Menu

Jelang Pilkades Serentak, Polres Bondowoso Mulai Petakan Daerah Rawan

Rabu, 23 Juni 2021 | 17.00 WIB

Kapolres Bondowoso, AKBP Herman Prayitno saat dikonfirmasi Wartawan (Dok/Ugik)


lensajatim.id Bondowoso,-
Kepolisian Resort Bondowoso melakukan pemetaan kerawanan kamtibmas jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021.


Kapolres Bondowoso, AKBP Herman Priyanto menerangkan bahwa memang pelaksanaan Pilkades serentak masih bulan Oktober 2021.


Tapi, pihaknya melakukan pemetaan melalui personil intelejen dan Polsek agar mengelola situasi dan mengidentifikasi gejala sosial di masyarakat jelang Pilkades. 


"Kami melakukan antisipasi sejak dini, untuk pemetaan desa-desa mana aja yang nantinya ada kerawanan," ujarnya Rabu (23/6/2021). 


Kapolres yang baru bertugas dua hari di Bondowoso ini pun melanjutkan, pihaknya juga akan melakukan pendekatan dengan tokoh agama dan masyarakat. Sehingga, situasi bisa kondusif.


"Nanti kita akan koordinasi dengan Pemerintah Daerah, bagaimana memberikan penekanan kepada tiga pilar supaya meningkatkan pendekatan, keamanannya. Sehingga, Pilkades dan protkes bisa dilakukan dengan baik," imbuhnya.


Selain itu, Kepolisian juga akan meningkatkan koordinasi dengan jajaran TNI, dan pemerintah daerah setempat. 


Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 di Kabupaten Bondowoso bakal digelar pada 20 Oktober mendatang.


Ada 171 desa yang akan ikut serta dalam Pilkades. 151 di antaranya, Kadesnya akan habis masa jabatannya pada bulan Juni 2021. Kemudian, sisanya akan berakhir masa jabatannya pada Desember 2021.


Pelaksanaan yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19 membuat pembentukan tempat pemungutan suara (TPS) tak sama seperti Pilkades sebelum-sebelumnya.


Di setiap desa nanti bisa terbentuk lebih dari satu TPS. Karena, nantinya tiap TPS hanya bisa menampung maksimal 500 pemilih saja,(Ugik).

Bagikan:

Komentar