|
Menu Close Menu

Panitia Pastikan Tahapan Pilkades Serentak di Kabupaten Bondowoso Tetap Berjalan Sesuai dengan Aturan PPKM Darurat

Kamis, 08 Juli 2021 | 20.26 WIB

 

Asisten I Pemkab Bondowoso, Wawan Setiawan saat dikonfirmasi Media (Dok/Ugik)

lensajatim.id Bondowoso,-Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Bondowoso terus berjalan di tengah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat. Namun ditekankan tetap mematuhi protokol kesehatan, dan tidak berpotensi menimbulkan kerumunan. 


Meski Surat Edaran Menteri Dalam Negeri, nomor 141/3170/BPD, terkait Penundaan Pelaksanaan Pilkades serentak dan PAW se- Jawa Bali. 


Menurut Ketua Panitia Pilkades Kabupaten, Wawan Setiawan, berdasarkan SE Mendagri penundaan itu terkait dengan tahapan yang berpotensi menimbulkan kerumunan. 


Pada point 3.a SE tersebut, tahapan yang ditunda itu yakin tahapan pengambilan nomer urut, ujian tertulis, kampanye calon, pemungutan suara maupun pelantikan Kades terpilih dalam rentang waktu penerapan PPKM darurat. 


"Kita mengacu pada SE itu ya," ujarnya saat dikonfirmasi Kamis, (8/7/2021). 


Ia menerangkan, meski saat ini di Bondowoso tengah memasuki tahapan sosialisasi pihaknya menegaskan prinsipnya disesuaikan dengan kondisi yang ada. 


Terlebih lagi dalam tahapan ke depan, masih akan mengajukan proposal yang akan diajukan oleh panitia kepada Menteri Dalam Negeri untuk memperoleh persetujuan. 


Kendati begitu, pihaknya akan tetap melakukan konsultasi kepada Pemerintah Provinsi.


"Kita konsultasi dengan Provinsi," ujar pria yang juga menjabat Asisten 1 Pemkab Bondowoso. 


Sementara itu, dalam Keputusan Bupati Bondowoso nomo 188.45/385/430.4.2/2021 tentang jadwal tahapan Pilkades serentak di Bondowoso tahun 2021. Tahapan awal  pembentukan panitia pada 1 Juli selama lima hari kerja. 


Kemudian, pada 12 Juli hingga 17 hari ke depan, memasuki tahapan sosialisasi, penentuan jumlah TPS, pengajuan biaya Pilkades oleh panitia kepada Bupati.


Sementara pembukaan pendaftaran dan pengumuman bakal calon Pilkades baru dimulai pada 16 Agustus 2021 mendatang,(Ugik).

Bagikan:

Komentar