|
Menu Close Menu

Kampungnya Dilintasi Tol, Warga Jorongan Probolinggo Keluhkan Banjir Saat Musim Hujan pada Anggota DPRD Jatim

Minggu, 31 Oktober 2021 | 12.39 WIB



Lensajatim.id Surabaya- Selama beberapa hari kedepan, 120 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur sedang melakukan reses di Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing. Satu diantaranya adalah Muzammil Syafi'i, Anggota DPRD Jawa Timur Nomor 95 dari Fraksi NasDem, Dapil Pasuruan-Probolinggo.


Politisi senior Partai NasDem ini saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa dirinya selama tiga hari pertama melakukan reses di  Desa Jorongan Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Dalam kegiatan itu dihadiri kurang lebih  150 orang yang terdiri Pengasuh Pondok Pesantren, Tokoh Masyarakat Kepala Desa dan seluruh Perangkat Desa dan masyarakat Desa Jorongan.


Tidak hanya sekedar reses, tapi karena bertepatan dengan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW atau yang dikenal dengan Maulid Nabi Muhammad SAW, maka kegiatan tersebut sekaligus dikemas dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Para undangan yang hadir bersama-sama membaca sholawat berzanji, yang diakhiri dengan pembacaan doa oleh KH. Abdur Rohim Muhaimin Pengasuh Ponpes di Jorongan.


Dalam kesempatan tersebut, lanjut politisi yang duduk di Komisi A DPRD Jatim ini, dirinya menyampaikan terkait tugas dan fungsi DPRD, mulai dari fungsi legislasi, fungsi penganggaran dan pengawasan serta representasi, serta manfaat reses yang diselenggarakan saat ini.


Sontak itu disambut antusias oleh masyarakat dan menyampaikan uneg-unegnya. " Masyarakat menyampaikan uneg-uneg dan aspirasi, karena baru kali ada anggota DPRD mau mengunjungi warga pemilihnya  termasuk reses ini. Sehingga kesempatan tersebut dimanfaatkan untuk curhat mengenai kondisi masyarakat dan kebutuhan masyarakat," tukas Muzammil saat menjelaskan apa yang disampaikan warga. Minggu, (31/10/2021).


Masih kata Muzammil, warga yang diwakili oleh Kepala Desa Jorongan curhat soal kondisi desanya yang sering mengalami banjir bila musim penghujan. " Jadi kebetulan jalan tol melintas perkampungan warga, tidak banyak manfaat yang ambil oleh masyarakat, namun bagi masyarakat Jorongan justru menjadi masalah karena saat ini setiap hujan akan terjadi meluapnya air hujan karena tidak ada  gorong gorong yang dibuat, sehingga dengan adanya Jalan Tol berakibat banjir sampai masuk ke rumah rumah rumah penduduk," tandas Ketua Fraksi NasDem DPRD Jatim ini menirukan penyampaian warga.


Terkait, keluhan warga, Mantan Wakil Bupati Pasuruan ini berjanji mencarikan solusi bagi warga Jorongan " Apakah nanti dibuatkan gorong-gorong yang bisa nampung air hujan atau solusi lain," papar Muzammil.


Selain itu, warga juga menceritakan bila di desanya ada sekitar 500 masyarakat pelaku UMKM sebagai sumber kehidupan masyarakatnya, terjadinya pandemi ini menyebabkan banyak yang gulung tikar dan hilang penghasilannya. " Mereka berharap ada bantuan pinjaman lunak dari perbankan pada mereka agar bisa berusaha kembali, bukankah sekarang sudah hampir menuju normal agar bisa  menghidupi keluarga dan menyekolahkan anak anak mereka," pungka Ketua MA IPNU Jatim ini.(Had)

Bagikan:

Komentar