|
Menu Close Menu

Resmi Dikukuhkan, SMSI Madura Raya Siap Kawal Pembangunan Madura

Sabtu, 08 Januari 2022 | 12.50 WIB

Abd. Hamid, Ketua SMSI Kabupaten Bangkalan saat menerima bendera pataka dari Ketua SMSI Jawa Timur (H. Makin Rahmat) dalam acara pengukuhan di Balai Wartawan, PWI Jatim di Surabaya. (Dok/Istimewa). 


Lensajatim.id, Surabaya – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Madura raya yang terdiri dari SMSI Kabupaten Bangkalan, SMSI Kabupaten Sampang, SMSI Kabupaten Pamekasan dan SMS Kabupaten Sumenep resmi dikukuhkan oleh Pengurus SMSI Provinsi Jawa Timur.


Pengukuhan yang dilakukan di  di Balai Wartawan PWI Jatim jl. Taman Hapsari Surabaya, dihadiri oleh Ketua PWI Jatim (Lutfil Hakim), Kepala BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Madura ( Vinca Meitasari) , Ketua SMSI Jawa Timur (H. Makin Rahmat) dan beberapa fungsionaris PWI Jatim serta SMSI Jatim.  Sabtu, (08/01/2021).


Ketua SMSI Jawa Timur H. Makin Rahmat mengatakan, pengukuhan kepengurusan dinilai penting untuk mendorong jalannya organisasi para pemilik media siber di daerah.


"Lewat pengukuhan, diharapkan segera bisa menyatukan visi dan visi masing-masing dalam rangka meningkatkan kualitas pemberitaan dan sumber daya manusia (SDM), dari wartawan hingga jajaran redaksi," kata Rahmat.


Acara pengukuhan ini dikuti sekitar 40 an personil yang komposisinya merupakan unsur Ketua, Sekretaris dan Bendahara, namun juga menyertakan beberapa anggota struktural lainnya, seperti wakil ketua bidang dan para kepala seksi.


Dengan dikukuhkannya kepengurusan se Madura Raya, diharapkan bisa segera menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pengurus, utamanya terkait peningkatan komunikasi dengan para pemilik media siber di wilayah masing-masing.


“Menjadi pengurus di SMSI merupakan amanah besar terhadap para anggota. Oleh karenanya, kami berharap agar para pengurus selalu pro aktif melakukan pendekatan dan koordinasi dengan anggota, sekaligus menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai unsur, baik pemerintah, swasta dan institusi lainnya,” ucap Rahmat.


Selain itu, Rahmat juga berpesan kepada seluruh pengurus agar selalu menjaga marwah SMSI, kapanpun dan dimana pun, agar bisa menjadi organisasi rujukan secara nasional bagi semua pihak, terutama terkait keberadaan media siber.


“SMSI telah menjadi konstituen Dewan Pers, untuk menjadi organisasi yang diakui dan masuk di dalamnya, tentu melalui perjalanan yang panjang. Maka, kita sebagai kepanjangan langsung dari pusat wajib hukumnya menjaga nama baik sekaligus turut membesarkannya,” tandas Ketua SMSI Jatim ini.


Ditempat yang sama, Lutfil Hakim selaku Ketua PWI Jawa Timur dalam sambutannya meminta media yang tergabung dalam SMSI di Madura Raya bisa menyajikan produk jurnalistik yang bisa mencerdaskan publik dan berimbang. 


Abd Hamid, Ketua SMSI Kabupaten Bangkalan usai acara pengukuhan mengaku siap untuk menjalankan amanah yang telah diberikan kepadanya. " Tentu apa yang disampaikan oleh Ketua PWI Jatim dan Ketua  SMSI Jatim akan betul-betul kita bisa implementasikan," tukas Hamid


Kedepan, dirinya bersama dengan jajaran pengurusnya merasa memiliki tanggung jawab bisa menghadirkan karya-karya jurnalistik yang sesuai dengan kaidah jurnalistik serta sesuai dengan kode etik jurnalistik. 


Dalam konteks daerah, lanjut pimpinan Pojok Suramadu.com dirinya juga siap untuk mengawal pembangunan daerah, Bangkalan pada khususnya, dan Madura secara umum. " Termasuk untuk wilayah madura, kita akan selalu sinergi SMSI Madura Raya dalam pembangunan Madura, sebab banyak hal yang perlu disikapi oleh teman-teman media terkait persoalan pembangunan Madura," pungkasnya. 


Hal senada juga disampaikan oleh  Ketua SMSI Sumenep Wahyudi mengucapkan terimakasih karena telah diberi kepercayaan mengemban amanah sebagai Ketua SMSI Sumenep.


"SMSI hadir sebagai wadah informasi kepada masyarakat yang berbasis digital. Di tengah gempuran informasi yang tak terbendung, SMSI harus hadir untuk memberikan kepastian informasi yang tak diragukan lagi kebenarannya," terang Wahyu.


Menurutnya, sebagai organisasi perusahaan media, SMSI siap bersinergi bersama Pemerintah Daerah, BUMD, BUMN, TNI dan Polri dalam rangka kemajuan daerah.


Organisasi SMSI Madura Raya, Sumenep Khususnya tentunya akan membuka ruang kepada pihak yang memiliki perusahaan media untuk bergabung bersama SMSI. (Had/Red).

Bagikan:

Komentar