|
Menu Close Menu

Bicara di Forum Internasional, Akis Jasuli Tegaskan Pentingnya Peran Pemuda Dalam Menciptakan Kerukunan Antar Etnis dan Agama

Kamis, 19 Mei 2022 | 17.56 WIB

 

Akis Jasuli, Anggota DPRD Sumenep saat menjadi perwakilan Republik Indonesia di acara Forum of Young Parliamentarians/Forum Antar Parlemen Dunia (Parlementary Union)
yang di selenggarakan oleh federation council of the federal assembly of the Russian federation. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Sumenep- Anggota DPRD Kabupaten Sumenep asal Partai NasDem, Akis Jasuli kembali terlibat dalam forum internasional.Politisi muda ini menjadi peserta diskusi/berbicara, sebagai perwakilan Republik Indonesia dalam kegiatan yang dilaksanakan secara daring dan luring di Forum of Young Parliamentarians/Forum Antar Parlemen Dunia (Parlementary Union)
Yang di selenggarakan oleh federation council of the federal assembly of the Russian federation. di Moskow, Rusia, Wednesday,18 Mei 2022 (Rabu, 18/05/2022). 

Ketua Fraksi Nasdem, Hanura, Sejahtera (HNS) DPRD Kabupaten Sumenep ini menyampaikan pentingnya keterlibatan pemuda dalam proses pengambilan keputusan dan kepemimpinan dalam menciptakan kerukunan antar etnis dan agama. " Ini harus menjadi bagian elemen strategis di dalam masyarakat dunia khususnya dilingkungan kaum muda," tegas politisi muda yang akrab disapa Akis.


Pengurus Asian African Youth Government (AAYG) menambahkan generasi muda atau yang saat ini lebih dikenal dengan generasi milenial merupakan elemen strategis, dengan pemikirannya yang masih fresh dan memiliki idealisme tinggi. " Itu menjadi modal penting bagi kaum muda dalam merumuskan ide dalam perdamaian dunia," tandasnya.


Dengan demikian, mau tidak mau, maka upaya kelompok muda untuk menyatukan gerakan agar bisa mengisi lembaga pemerintah yang strategis dalam melahirkan kebijakan. Termasuk salah satunya adalah lewat jalur parlemen.


Di Parlemen, kata Akis, kaum pemuda secara bersama-sama pula harus bisa menjadi pelopor terhadap gerakan atau lahirnya kebijakan yang mengarah pada perdamaian, baik dalam konteks lokal, nasional dan lebih-lebih di dunia internasional.

" Untuk itu sekali lagi saya mengajak kepada masyarakat dunia, khususnya kaum muda untuk terlibat aktif dalam perumusan kebijakan, khususnya yang berkaitan dengan perdamaian," pungkas Presidium KAHMI Sumenep ini.(Yud).

Bagikan:

Komentar