|
Menu Close Menu

Bupati Fauzi Lantik DKS, Begini Harapan Disbudporapar Sumenep

Kamis, 02 Juni 2022 | 22.17 WIB

Pelantikan Pengurus Dewan Kesenian Sumenep (DKS) periode 2022-2027. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Sumenep - Bupati Sumenep, Achmad Fauzi resmi melantik Pengurus Dewan Kesenian Sumenep (DKS) periode 2022-2027 di Gedung P&K Sumenep,  pada Rabu (01/06/2022).


Pelantikan tersebut mendapat respon positif dari Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep Mohamad Iksan. Ia meminta DKS langsung tancap gas.


Hal itu sejalan dengan permintaan Bupati Sumenep kepada DKS  yang baru dilantik agar semangat untuk menghidupkan kesenian dan kebudayaan di Kota Keris.


“Saya berharap pengurus Dewan Kesenian Sumenep periode 2022-2027 yang sudah dilantik mampu seperti yang diharapkan Bupati yaitu tidak stagnan,” tukas birokrat yang akrab disapa Iksan ini. 


Dirinya berharap setelah pelantikan,  DKS harus ada karya nyata. Bisa bekerja dengan baik dan terus berkolaborasi dengan Disbudporapar Sumenep.


“Disbudporapar siap berkolaborasi, siap untuk bekerja sama dengan DKS, tentunya dalam sistem penganggaran oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep,” ujar Iksan.


Iksan menambahkan, bahwa yang paling penting, lanjut dia, dalam melaksanakan kegiatan seni maupun budaya, tujuannya tak lain untuk menggairahkan potensi wisata di Kabupaten Sumenep.


“Maka dari itu, agenda dan event-nya harus jelas, yang dapat menarik banyak orang atau wisatawan, sehingga yang datang ke Sumenep tidak hanya melihat panorama alam saja, akan tetapi juga bisa menikmati budaya dan keseniannya,” tegas Iksan.



Menurut Iksan, pihaknya menargetkan di tahun 2022 minimal ada sejumlah event besar, seperti parade musik tong-tong, tari topeng dalang, termasuk karapan sapi.


“Semua event-event itu akan kita gelar untuk menyambut Hari Jadi Sumenep yang ke-753 di bulan Oktober nanti,” pungkas Iksan.



Sementara Ketua Dewan Kesenian Sumenep (DKS) Turmidi Jaka menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah atas kepercayaan yang diamanatkan untuk melanjutkan tugas-tugas menfasilitasi serta mendampingi kegiatan kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Sumenep.


Turmidi bersyukur Dewan Kesenian Sumenep (DKS) yang sempat vakum sejak tahun 2013 kini telah dikukuhkan kembali oleh Bupati Achmad Fauzi dengan formasi beberapa pengurus lama ditambah pengurus baru.


“Dengan dikukuhkannya kembali Dewan Kesenian Sumenep, kami akan membawa atmosfer bagi tumbuh kembangnya kreativitas serta potensi generasi penerus dalam bidang seni budaya demi kemajuan Kabupaten Sumenep,” ucapnya. (Yud/Red).

Bagikan:

Komentar