|
Menu Close Menu

Karang Taruna Desa Banjarbendo Sidoarjo Dirikan Posko Sosial Berkah, Ini Tujuannya

Kamis, 09 Juni 2022 | 09.28 WIB

Posko Sosial Berikan yang didirikan oleh  Karang Taruna Desa Banjarbendo, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id,  Sidoarjo- Pandemi Covid-19 yang melanda Negara Indonesia kurang lebih selama 2 tahun sangat berpengaruh besar pada kondisi ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat Desa Banjarbendo, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo.


Bahkan, pengaruhnya bisa dikatakan mampu merubah kondisi hingga 180 derajat kehidupan ekonomi masyarakat Desa Banjarbendo. Banyak dari masyarakat Desa Banjarbendo kehilangan pekerjaanya. 


Kondisi itu mendorong Karang Taruna Satya Abhinaya Desa Banjarbendo mendirikan Posko Sosial Berkah, sejak Rabu, 08 Juni 2022. Pendirian itu  dilandasi oleh panggilan jiwa terhadap keresahan masyarakat Desa Banjarbendo yang terdampak pandemi ini.


Itu sebagai  wujud pengabdian nyata Karang Taruna Desa Banjarbendo untuk masyarakat sekitar. Kegiatan tersebut memberikan bantuan bahan-bahan pokok yang dapat digunakan masyarakat sekitar untuk memasak tiap harinya.


Koordinator Kegiatan Sosial Berkah, M. Suhendro mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan hasil riset skala kecil kepada masyarakat desa banjarbendo, bahwa banyak dari masyarakat yang sangat mengeluhkan akibat dari pandemi ini.


" Kami telah melakukan survey skala kecil kepada masyarakat, ternyata banyak yang mengeluh akibat dampak pandemi ini, maka dari itu saya dan teman-teman Karang Taruna berinisiasi untuk mendirikan posko Sosial Berkah tersebut," jelasnya.


Pihaknya menyambut baik antusiasme para donatur sejak baru dibukanya posko dihari pertama. " Kemarin  rata-rata banyak yang nyumbang  bahan bahan makanan seperti terong, tahu, cabai, krupuk, gula seperti itu," bebernya.


Dan tidak hanya itu, warga juga menyambutnya dengan antusias. Terbukti dalam hitungan 3-4 jam, semua yang disumbangkan para donatur habis diambil oleh warga yang datang ke posko.


Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Karang Taruna Desa Banjarbendo Fanny Dwi Putra Pamungkas bahwa kehadiran Posko Sosial Berkah diharapkan dapat membantu masyarakat desa untuk tetap survive akibat dari pandemi ini.


" Kami juga mengharapkan bantuan kepada donatur dan dermawan untuk dapat membantu pelaksanaan kegiatan yang sangat positif ini," ungkapnya.


Menurutnya, untuk sementara  Posko Sosial Berkah ini didirikan di Dusun Dukuh Desa Banjarbendo,  untuk kemudian pihaknya akan makukan evaluasi tiap harinya.


" Apabila posko ini dapat berkembang maka selanjutnya akan kami dirikan di seluruh titik keramaian di Desa Banjarbendo agar yang dapat terbantu dari kegiatan ini juga semakin banyak," pungkasnya. (Red).

Bagikan:

Komentar