|
Menu Close Menu

Datang di Majelis Itighotsah dan Sholawat Terak Mancorong Situbondo, Ketua PKS Jatim Ajak Generasi Muda Ikut Hadir

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 07.45 WIB

Irwan Setiawan, Ketua DPW PKS Jawa Timur saat hadir dalam Pengajian Rutin tiap malam bulan purnama Majelis Istighotsah dan Sholawat Nariyah di Pantai Tampora Situbondo,  Pimpinan Habib Ali Assegaf. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Situbondo- Pantai Tampora selalu terasa berbeda di malam tanggal 15 Hijriyah. Ribuan masyarakat datang, tidak untuk rekreasi, namun bersama melantunkan sholawat nariyah. 


Begitu pula pada Jumat, 12 Agustus 2022, Pantai Tampora menjadi saksi kedatangan ribuan jemaah untuk bersholawat di pengajian rutin tiap malam bulan purnama Majelis Istighotsah dan Sholawat Nariyah, salah satunya Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan yang dipersilakan duduk di panggung bersama para habaib dan ulama yang lain.


Di depan para jamaah, Habib Ali Assegaf, pimpinan majelis sholawat itu mengingatkan tentang pentingnya terus bersholawat kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. 


"Semoga kita terus diberi keistiqomahan oleh Allah untuk selalu bersholawat kepada NabiNya. Ingat, sholawatan ini tidak musiman, harus selalu dibaca," katanya. 


Menurutnya, terdapat berbagai keutamaan membaca shalawat Nabi yang bisa  didapatkan pembacanya. 


Mulai dari meningkatkan derajat dan kebaikan, menghapuskan keburukan hingga menambah pahala. Bukan hanya itu, keutamaan membaca shalawat Nabi juga dapat memberikan ampunan dosa dan menjadi penghibur kelak di alam kubur. 


Majelis ini selalu mengundang grup sholawatan lengkap dengan berbagai alat musik tabuh yang dibawa, menambah semarak suasana. 


Lagu-lagu yang dibawakan juga menarik, lagu-lagu populer yang liriknya digubah menjadi sholawat dan tausiyah. Seperti lagu kopi dangdut yang diubah menjadi lagu yang mengingatkan untuk dekat dengan ulama. 


Yang menarik lagi, majelis sholawat kali ini diwarnai nuansa HUT Kemerdekaan RI. Sebagian besar jemaah putri memakai pakaian putih berhias dasi merah. 


Sementara jemaah lainnya membawa bendera merah putih kecil yang diayun-ayunkan menyesuaikan irama lagu.


Habib Ali Assegaf juga menyinggung hal itu. Ia mengapresiasi kostum merah putih jemaah.


"Ada yang pake merah putih. Ini memperingati hari kemerdekaan RI. Ini wujud cinta NKRI. Hubbul wathon minal iman," tegasnya.


Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan, mengaku selalu mengupayakan hadir di Majelis Istighotsah dan Sholawat Nariyah Terak Mancorong ini. 


"Alhamdulillah selalu mengupayakan hadir. Selain agar terus membumikan sholawat, juga silaturahim dengan Habib Ali dan para kiai yang hadir. Nasihat-nasihat yang disampaikan juga saya perlukan," kata Irwan. 


Irwan kemudian mengajak generasi muda untuk turut hadir dalam kegiatan majelis sholawat itu. 


"Saya lihat banyak juga muda-mudi yang hadir di sini. Hayuk yang belum gabung, silakan ikut bergabung, in syaa Allah banyak berkahnya, banyak manfaatnya," kata  pria yang baru pulang dari tanah suci itu.


Kedatangan Irwan di majelis ini, selalu disampaikan oleh Habib Ali Assegaf kepada hadirin. 


"Alhamdulillah, kita kedatangan tamu, Pak Irwan Setiawan, Ketua DPW PKS Jatim dari Surabaya," katanya memperkenalkan.(Red).

Bagikan:

Komentar