|
Menu Close Menu

Unik, Upacara HUT RI ke-77 di Bondowoso Diikuti Nenek Usia 90 Tahun hingga Petugasnya Seorang Kuli Bangunan

Rabu, 17 Agustus 2022 | 12.37 WIB

Warga Desa Kembang, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77. (Dok/Nang).

Lensajatim.id, Bondowoso - Keterbatasan fasilitas dan sumber daya manusia tidak menyurutkan semangat warga Desa Kembang Kecamatan Bondowoso untuk merayakan Kemerdekaan RI ke-77. 


Dalam kesederhanaan, sejumlah warga kompak menggelar upacara bendera pengibaran bendera merah putih di sebuah pekarangan, Rabu (17/8/2022).


Habatnya, jika petugas upacara umumnya diisi oleh orang-orang berpangkat, di Desa Kembang petugas upacara emban oleh warga akar rumput dari berbagai profesi. Diantaranya seperti kuli bangunan, tukang becak, hingga buruh tani. Ada juga dari pemuda setempat yang berstatus pelajar.


"Kita meski hanya sebagai warga biasa juga tak ingin kalah dengan para pejabat-pejabat dalam memperingati kemerdekaan," ujar Anton usai melaksanakan tugasnya sebagai inspektur upacara.


Dari sekian banyak warga yang menjadi peserta upacara, ada seorang nenek yang menyorot perhatian. Ia adalah Suyati yang diperkirakan sudah berumur hampir 90 tahun.


Sebagai sosok yang pernah merasakan belenggu penjajahan, Ia tampak lebih khidmat mengikuti upacara dibanding peserta yang lain. 


"Saya masih ingat ketika dulu dijajah Jepang. Saat upacara tadi saya teringat dengan kata-kata Pak Karno ketika merdeka lewat radio," ujarnya.


Sementara Ketua Panitia peringatan HUT RI ke-77 Desa Kembang Efril Kasiono mengungkapkan, terselenggaranya peringatan HUT RI ke-77 di lingkungannya muncul dari keinginan warga. Biaya yang dari kegiatan itu  bersumber dari urunan warga yang secara swadaya bahu membahu saling membantu.


"Rasa Ke-indonesiaan warga di sini sangat kuat. Karena kita ditakdirkan tidak terlibat melawan penjajah, setidaknya kita semangat untuk memperingati jasa-jasa pahlawan," ungkapnya.


Selain menggelar upacara, lanjut Efril, serangkaian HUT RI ke-77 sudah dilakukan sejak Jumat (12/18) lalu hingga Minggu (20/8) mendatang. Serangkaian kegiatan dijadwalkan ditutup dengan doa bersama.


"Berbagai macam lomba dilakukan. Ada juga JJS berhadiah. Nanti akan ditutup dengan doa bersama," pungkasnya. (Nang)

Bagikan:

Komentar