|
Menu Close Menu

BPBD Kota Malang Minta Warga dan Wisatawan Tetap Waspada di Tengah Cuaca Ekstrem

Minggu, 01 Januari 2023 | 06.12 WIB

Kepala BPBD kota Malang, Prayitno. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Malang – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, Jawa Timur (Jatim) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat himbau masyarakat terkait adanya cuaca ekstrem.


Informasi yang dihimpun oleh jurnalis media ini, angin kencang yang melanda wilayah Kota Malang sejak pagi tadi membuat pohon tumbang yang mengakibatkan kendaraan sepeda motor yang tertimpa pohon di Kota Malang pada Sabtu (31/12/2022) tadi siang.


Kepala BPBD Kota Malang, Prayitno mengatakan bahwa di tengah cuaca ekstrem ini, potensi pohon tumbang dimungkinkan kembali terjadi. Dari situ, dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat sekitar maupun wisatawan untuk tetap waspada.


"Warga sekitar maupun wisatawan agar meningkatkan kewaspadaannya saat berlalu lalang di jalan untuk menghabiskan waktu libur, serta mempersiapkan perayaan malam tahun baru 2023 yang akan berlangsung nanti malam," katanya menjelaskan, Sabtu (31/12/2022).


Lebih lanjut, pihaknya mengungkapkan bahwa cuaca ekstrem menjelang pergantian tahun 2022-2023 ini potensi longsor juga dimungkinkan terjadi jika hujan dengan intensitas tinggi melanda Kota Malang dan sekitarnya.


"Kemungkinan longsor juga akan terjadi jika terjadi hujan deras. Tentu petugas BPBD sudah disiagakan untuk melakukan antisipasi jika terjadi sesuatu," tandasnya.


Sebatas informasi tambahan, sebagaimana telah diberitakan oleh media ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim) prediksi cuaca ekstrem pada saat pergantian tahun 2022.


Hal itu disampaikan langsung oleh Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Stasiun Klimatologi Karangploso, Andang Kurniawan kepada media ini.


Menurutnya, masyarakat tetap perlu mewaspadai dan tidak panik dengan curah hujan yang lebih tinggi, lebih deras disertai dengan petir, angin kencang pada malam pergantian tahun 2022 menuju 2023. (Fauzi)

Bagikan:

Komentar