|
Menu Close Menu

Komisi VIII DPR RI Dukung Kemenag Soal Petugas Khusus Bagi Jamaah Haji Lansia

Minggu, 22 Januari 2023 | 17.06 WIB

KH. Achmad Fadil Muzakki Syah, S.Pd, Anggota Komisi VIII DPR RI. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya- Upaya Kementerian Agama (Kemenag) RI yang dipimpin oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas untuk terus melakukan perbaikan layanan pada pelaksanaan ibadah haji mendapatkan respon positif dari Komisi VIII DPR RI. 


KH. Achmad Fadil Muzakki Syah, S.Pd, Anggota Komisi VIII DPR RI mengaku memberikan dukungan terhadap berbagai upaya perbaikan yang dilakukan oleh Kemenag dalam rangka memberikan layanan terbaik pada jamaah haji, salah satunya adalah jamaah haji lansia. 


" Calon jamaah haji lansia tahun 2023 ini jumlahnya cukup banyak, tentu upaya Kemenag untuk menyiapkan petugas khusus adalah bagian dari upaya perbaikan layanan, dan itu kita dukung," tegas politisi yang akrab disapa Lora Fadil saat dikonfirmasi media. Jumat, (20/01/2023).


Wakil Rakyat asal Fraksi NasDem ini menjelaskan kalau kegiatan ibadah haji adalah kegiatan rutin setiap tahun. Sehingga, dalam tiap pelaksanaan ada kekurangan, lalu dilakukan upaya perbaikan dalam kegiatan berikutnya adalah hal yang wajar. 


" Upaya -upaya perbaikan itu harapannya agar bisa memberikan layanan yang lebih baik lagi pada jamaah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," tandasnya. 


Saat disinggung, soal usulan kenaikan biaya ibadah haji tahun 2023, Lora Fadil menjawab bahwa kemungkinan itu sangat mungkin terjadi. Hanya saja soal angka kenaikan, tentu itu masih harus dibahas lebih detai lagi antara Komisi VIII DPR RI dengan Kemenag. 


" Kemungkinannya naik, tapi kita akan berusaha semaksimal mungkin agar menekan angka kenaikan itu, sehingga tidak terlalu memberatkan calon jamaah haji," ungkap Wakil Rakyat asal Dapil Jatim III (Banyuwangi-Situbondo-Bondowoso) ini. 


Lora Fadil juga mengimbau kepada para calon jamaah haji yang akan berangkat tahun 2023 untuk mempersiapkan diri, utamanya soal kesehatan. 


" Ibadah haji ini ibadah fisik, jadi sangat penting bagi para calon jamaah, baik yang lainsia dan semua usia untuk tetap menjaga kesehatan dari saat ini agar bisa menjalankan ibadah haji dengan baik dan sempurna," pungkas Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bondowoso.


Diberitakan sebelumnya, dalam rapat antara Kemenag RI dengan Komisi VIII DPR RI, Kamis, (19/01/2023),  Menag Yaqut Cholil Qoumas mengatakan akan menyiapkan petugas haji yang memiliki tugas khusus dalam pelayanan jemaah haji lansia. Hal itu diungkapkan Menag dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI dengan agenda persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1444 H/2023 M. (Tim/Red).

Bagikan:

Komentar