|
Menu Close Menu

Kunjungan Kerja ke Jatim, Komisi V DPR RI Minta Pemerintah Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Vital

Jumat, 03 Februari 2023 | 23.27 WIB

Roberth Rouw, Wakil Ketua Komisi V DPR RI saat Kunjungan Kerja Spesifik ke Kabupaten Blitar, Jawa Timur. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Blitar- Komisi V DPR RI  mendorong pemerintah pusat memprioritaskan pembangunan infrastruktur yang berdampak langsung bagi ekonomi nasional. Pemerintah diharapkan segera menyelesaikan kebutuhan infrastruktur daerah, termasuk di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.


"Mempercepat pembangunan jalan di daerah merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat untuk mobilitas sosial dan ekonomi," ujar Roberth Rouw, Wakil Ketua Komisi V DPR RI  dalam Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI saat meninjau infrastuktur di Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (2/2/2023) kemarin.


Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI itu menegaskan, dibutuhkan dukungan anggaran yang lebih besar untuk tiga prioritas infrastruktur, yakni pembangunan jembatan untuk pelurusan Kali Legi, pembangunan Pasar Kesamben yang mengalami kebakaran pada November 2022, dan peningkatan kelas jalan Brongkos-Ngembul di Kecamatan Binangun.


“Kami akan minta agar Pemkab Blitar dan Ditjen Bina Marga PUPR berkoordinasi untuk penanganan ruas-ruas jalan yang menjadi prioritas. Selanjutnya akan dilaporkan dalam rapat Komisi V DPR untuk dibahas dan ditindaklanjuti dalam rapat bersama mitra kerja Komisi V DPR RI, agar permasalahan tersebut segera diatasi, terutama masalah infrastruktur dan transportasi,” kata Roberth.


Roberth mengatakan kunjungan tersebut untuk melaksanakan fungsi anggaran dan pengawasan terhadap pelaksanaan APBN. Tim Kunker meninjau Pasar Kesamben yang terbakar dan menghanguskan hampir seluruh bangunan pasar yang terdiri dari ratusan lapak dan kios. Pemerintah pusat harus memberikan bantuan agar masyarakat kembali beraktivitas dan mendapat tempat yang lebih layak.


Legislator NasDem dari Dapil Papua itu menambahkan, pembangunan infrastruktur seperti jalan akan sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian. Penyediaan anggaran untuk pembangunan infrastruktur harus dapat dipenuhi.


“Ada beberapa pabrik gula yang merupakan objek vital nasional terkait dengan kebutuhan bahan pangan nasional. Dengan peningkatan kelas jalan dapat mempercepat pengiriman, khususnya jalan yang dilalui truk yang bermuatan lebih," tukasnya. (dpr.go.id/red).

Bagikan:

Komentar