|
Menu Close Menu

Cara Unik Mas Sam Jemput Aspirasi dengan NUmpang Buko di Rumah Warga

Rabu, 29 Maret 2023 | 16.52 WIB

Mas Sam saat NUmpang Buko di rumah warga di Perumahan Gunungsari Indah, Kecamatan Karang Pilang, Surabaya. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya- Cara unik dilakukan Samsul Arifin, Anggota DPRD Jawa Timur untuk menyerap aspirasi dari masyarakat Surabaya yang merupakan konstituennya. Politisi yang akrab disapa Mas Sam ini tidak hanya menyerap aspirasi dengan reses, tapi ia menjemput aspirasi dengan kegiatan NUmpang Buko (Numpang Buka).


Ia mengatakan, memanfaatkan momentun bulan Ramadan dengan melakukan kegiatan NUmpang Buko. Dalam kegiatan ini, Samsul mendatangi rumah warga untuk berbuka puasa bersama tuan rumah, kemudian dilanjutkan dengan salat Maghrib berjamaah.


"Dalam kegiatan NUmpang Buko ini, kita tak sekedar bersilaturahmi dengan warga. Tapi sekaligus juga menyerap aspirasi warga," kata  Mas Sam itu, Rabu (29/3/2023).


Mas Sam mengungkapkan, NUmpang Buko ini juga untuk mensiasati larangan buka puasa bersama yang dikeluarkan oleh pemerintah. Karena itu, ia pun berinisiatif mendatangi rumah warga untuk berbuka puasa bersama.


Anggota Fraksi PKB DPRD Jatim ini menuturkan, animo masyarakat sangat tinggi untuk dikunjungi. Sebab dirinya mengunggah kegiatan tersebut di media sosial sehingga menjadi viral.


"Awalnya saya tak menyangka antusias masyarakat untuk dikunjungi sangat tinggi. Ini karena kegiatannya diunggah ke media sosial," ujar kader NU ini.


Samsul melanjutkan, meski pun saat ini banyak warga Surabaya yang minta dikunjungi dalam program NUmpang Buko. Namun ia hanya bisa memenuhi undangan satu rumah dalam sehari.


Alumni UINSA Surabaya itu menambahkan, kebetulan ramadan kali ini bertepatan dengan agenda reses. Karena itu, ia berusaha memilih tempat NUmpang Buko di wilayah yang dekat dengan lokasi reses.


"Reses kali ini, saya laksanakan usai salat Tarawih. Karena itu sambil menunggu waktu reses, saya numpang buka puasa di rumah warga," pungkas Mas Sam. (mdr/red)


Bagikan:

Komentar