|
Menu Close Menu

Pangdam V Brawijaya Ziarah Makam Sunan Cendana dan Sultan Abdul Kadirun Bangkalan, Ternyata Ini Tujuannya

Rabu, 08 Maret 2023 | 18.06 WIB

Mayjend TNI Farid Makruf, Pangdam V/Brawijaya saat Ziarah ke Makam Sultan Abdul Kadirun Bangkalan. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Bangkalan - Pangdam V/ Brawijaya, Mayjend TNI Farid Makruf melakukan  ziarah makam para sesepuh dan  Wali di Kabupaten Bangkalan Madura, Selasa (7/3/2023).


Kegiatan ziarah yang dilakukan oleh Mayjend Farid  itu dalam rangka malam Nisfu Sya'ban, sebab dirinya juga  merupakan prajurit kelahiran Bangkalan. Selain itu, hal tersebut juga  merupakan bagian dari silaturrahmi keluarga yang mana Mayjend Farid juga merupakan keturunan dari tokoh-tokoh sepuh Kabupaten Bangkalan.


Ziarah dimulai dari makam Syaikh Zainal Abidin atau yang lebih dikenal dengan Sunan Cendana yang berada di Kecamatan Kwanyar.


Sebelum ziarah makam, Mayjend Farid yang juga merupakan Dzurriyah/Keturunan Sunan Cendana diterima dan disambut para keluarga dzurriyah, tokoh ulama dan tokoh masyarakat di pelataran Masjid Sunan Cendana.


KH. Hannan Nawawi, Dzurriyah yang juga merupakan Ketua Takmir Masjid menyampaikan bahwa Mayjend Farid juga merupakan Dzurriyah yang mengikuti jejak Sunan Cendana.


"Pangdam ini keturunan yang mengikuti jejak, Sunan Cendana dulu juga prajurit yang menumpas pemberontakan di Blambangan. Pangdam juga prajurit yang pernah menumpas pemberontakan di Poso", ucap KH. Hannan.


Mayjend Farid dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih atas sambutan yang diberikan oleh para Dzurriyah Sunan Cendana beserta para tokoh ulama yang hadir dan mengajak untuk bersama-sama menjaga NKRI khususnya dari faham-faham radikal yang dapat merusak keutuhan Negara.


"Pertemuan ini suatu kehormatan bagi saya, saya berharap perjuangan Sunan Cendana juga bisa kita lakukan saat ini dengan cara yang lain. Saya ingin kita semua dapat menjadi benteng untuk mencegah faham-faham radikal yang dapat mengganggu keutuhan Negara", ucap Mayjend Farid.


Usai berziarah dan berdo'a bersama ke makam Sunan Cendana, Mayjend Farid beserta rombongan melaksanakan Sholat Maghrib berjema'ah.


Kegiatan dilanjutkan dengan ziarah ke makam Bujuk Morombuh dan Bujuk Ebon Kecamatan Tanah Merah, setelah do'a bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Kota Bangkalan dengan tujuan makam Sultan Abdul Kadirun yang terletak tepat di belakang Masjid Agung Bangkalan.


Ditempat ini, Mayjen Farid juga disambut para dzurriyah dari Sultan Abdul Kadirun.

Sebelum do'a bersama dan tabur bunga, dalam kegiatan ini para Dzurriyah juga menjelaskan silsilah termasuk garis keturunan bahwa Mayjend Farid juga merupakan keturunan dari Sultan Abdul Kadirun Bangkalan.


Pada kesempatan ini, Mayjen Farid juga menyempatkan untuk bersilaturrahmi kepada sanak saudara sebelum akhirnya melanjutkan ziarah ke makam Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan.


Di Makam Syaikhona Muhammad Kholil, Mayjen Farid disambut langsung oleh KH. Makki Nasir cicit dari Syaikhona Muhammad Kholil yang juga merupakan Ketua PCNU Bangkalan. (Man/Red).

Bagikan:

Komentar