|
Menu Close Menu

Bahagia Mendapat Bantuan Modal Usaha dari G25 Indonesia, Bu Mutiah Meneteskan Air Mata

Minggu, 21 Mei 2023 | 21.59 WIB

Bu Mutiah bersama Ketua G25 Indonesia, Dasuki Rahmad usai belanja kebutuhan usahanya. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Bangkalan- Ibu Mutiah, warga yang tinggal  di Kampung Sawah Desa Banyuajuh Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur ini mungkin tidak pernah menyangka bisa berjualan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. 


Itu dikarenakan, dari profesinya yang hanya sebagai tukang pijet, pendapatannya tidak cukup untuk dijadikan modal usaha. Sedangan suaminya, dalam kondisi yang tidak sehat, menderita penyakit komplikasi dan harus kontrol rutin ke sebuah klinik.


Kondisi itu membuat dirinya harus berjuang seorang diri untuk bisa mencukupi kebutuhan keluarga dengan 3 orang anak. Kabar tentang Bu Mutiah ini sampai ke relawan G25 Indonesia (Yayasan Gerakan Dualima Indonesia), sehingga dilakukan survei dan dinyatakan layak untuk menerima bantuan. 


Foto bersama relawan G25 Indonesia dengan Bu Mutiah usai belanja barang kebutuhan usaha. (Dok/Istimewa).


Dalam proses perbincangan saat survei, Bu Mutiah menyampaikan keinginannya untuk membuka usaha, hanya saja dengan kondisi ekonomi yang sangat terbatas, ia tidak memiliki modal untuk membuka usaha. Disitulah akhirnya, G25 Indonesia memutuskan untuk memberikan bantuan berupa bantuan pemberdayaan ekonomi super mikro. 


Bantuan itu bukan berupa uang tunai, melainkan berupa barang kebutuhan untuk berjualan. Barang kebutuhan itu dibelikan setelah Bu Mutiah diminta untuk membuat catatan barang-barang yang dibutuhkan untuk berdagang. Setalah itu, dengan ditemani oleh relawan G25 Indonesia, Bu Mutiah diantar ke tempat kulakan untuk belanja barang kebutuhan, lalu usai belanja, bersama barang hasil belanjaannya, Bu Mutiah diantar ke rumahnya. 


Saat di toko tempat belanja, Bu Mutiah tidak henti-hentinya menyampaikan terimakasih kepada relawan G25 Indonesia, ia mengaku tidak pernah menyangka akan mendapatkan bantuan seperti itu hingga dirinya bisa merintis usaha. Bahkan, dari saking bahagianya, Bu Mutiah sampai meneteskan air mata. 


Menurut Fatimah, relawan G25 Indonesia yang ikut menemani belanja, Bu Mutiah dibelikan barang jualan berupa kebutuhan sehari-hari, mulai dari beras, gula, tepung, sabun, minyak dan bahan kebutuhan jualan lainnya. 


" Total tadi habis hampir 2 juta 5 ratus," tukas Fatima usai kegiatan realisasi bantuan. Minggu, (21/05/2023).


Pihaknya berharap, lewat bantuan modal usaha yang diberikan oleh G25 Indonesia, Bu Mutiah bisa menjalankan usahanya dan bisa membantu kebutuhan sehari-hari. Lebih dari itu, pihaknya berharap usahanya bisa berkembang dan maju.


Dasuki Rahmad, Ketua G25 Indonesia, manambahkan bahwa pihaknya juga akan memberikan bantuan pendidikan kepada anaknya yang usia sekolah. Bantuan pendidikan nantinya disesuaikan dengan kebutuhan anaknya yang sedang sekolah. 


" Bila butuh seragam ya nanti kita belikan seragam, atau mungkin buku dan peralatan sekolah lainnya, atau bisa saja biaya sekolah bila ada. Pokoknya nanti kita identifikasi lagi, apa kebutuhannya untuk sekolah," pungkasnya. (Had)

Bagikan:

Komentar