|
Menu Close Menu

Pastikan Pemulangan Jemaah Haji Berjalan Baik, Komisi VIII DPR RI Sidak ke Asrama Haji Surabaya

Jumat, 07 Juli 2023 | 11.43 WIB

KH. Ach. Fadil Muzakki Syah, Anggota Komisi VIII DPR RI saat sidak di Asrama Haji Surabaya. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya-  Proses pemulangan Jemaah Haji menjadi perhatian serius dari wakil rakyat yang berada di Komisi VIII DPR RI. Terbukti, untuk memastikan prosesnya berjalan lancar dan tanpa kendala, Komisi VIII DPR RI melakukan sidak ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya sebagai bentuk pengawasan dalam pemulangan jamaah haji musim haji 1444 H.


" Kedatangan kami kesini dalam rangka memastikan kesiapan dari petugas di debarkasi Surabaya dalam menyambut kedatangan jamaah haji sekarang ini," jelas KH. Ach. Fadil Muzakki Syah, salah satu anggota Komisi VIII DPR RI yang ikut dalam kunjungan tersebut. Kamis, (06/07/2023)


Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bondowoso ini menuturkan dalam pantauannya saat melakukan sidak, pihaknya mengaku  tidak menemukan  permasalahan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.


" Tidak ada masalah dan insya allah penyambutan akan terlaksana dengan baik,"ungkapnya. 


"Debarkasi Surabaya itu terbesar dibandingkan yang lainnya dimana pesawat yang digunakan harus pesawat Saudi Arabian airlines boeing 747. Alasannya, satu kloter asal Jawa Timur diatas 400. Sedangkan debarkasi lainnya masih 300 satu kloter. Garuda tidak mampu memuat satu kloter,"papar Politisi yang namanya selalu masuk dalam bursa Calon Gubernur Jawa Timur 2024 mendatang. 


Politisi yang akrab disapa Lora Fadil ini menambahkan jumlah kloter di Jawa Timur sebanyak 88 kloter dari 38.360 jemaah.


" Alhamdulillah untuk  keberangkatan maupun pemulangan saat di Asrama Haji Sukolilo Surabaya tidak ditemukan permasalahan serius sehingga kami pastikan berjalan lancar," tandasnya.


Sekedar diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) RI sudah menentukan jadwal kepulangan jemaah haji ke Tanah Air. Terdapat 6.682 jemaah yang siap diberangkatkan dari Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, pada Rabu, 5 Juli 2023.


Sebagaimana ditulis laman resmi Kemenag, 6 ribu jemaah yang akan dipulangkan pada hari tersebut berasal dari 16 kelompok terbang (kloter).


Debarkasi Surabaya (SUB) 4 dan 6 jadi kloter dengan jumlah keberangkatan jemaah terbanyak, yakni 450 jemaah.Lalu debarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) 4 dan 3 menyusul di urutan berikutnya dengan memberangkatkan jemaah masing-masing sebanyak 405 jemaah dan 400 jemaah.Sejumlah debarkasi juga telah disiapkan untuk menyambut kedatangan pertama jemaah haji dari Tanah Suci. (Fiq)

Bagikan:

Komentar