|
Menu Close Menu

Surya Paloh Sebut Moralitas Fondasi Penting Menjaga Keutuhan Bangsa

Kamis, 17 Agustus 2023 | 19.54 WIB

Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem saat memimpin upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Jakarta- Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, mengajak seluruh masyarakat, termasuk para elite untuk menjaga moralitas kebangsaan di tengah perkembangan zaman.


"Di atas seluruh prestasi yang kita miliki, di atas seluruh kekurangan yang masih ada, tidak kalah penting adalah bagaimana menggarisbawahi pentingnya membangun kesadaran untuk membangun moralitas kehidupan berkebangsaan kita," kata Surya Paloh seusai memimpin upacara Hari Kemerdekaan ke-78 Indonesia, di Akademi Bela Negara Partai NasDem, Jakarta, Kamis (17/8).


Menurut Surya, moralitas adalah fondasi penting untuk menjaga keutuhan bangsa di tengah perkembangan zaman. Ia khawatir bila moralitas kebangsaan itu dilupakan, Indonesia akan menghadapi potensi kerusakan dalam kehidupan berkebangsaan.


Surya menilai penting bagi para elite bangsa dapat menjadi teladan dalam menjaga moralitas kebangsaan. Paling sederhana yang bisa dilakukan, tambah Surya, yakni menjaga perilaku, sikap, serta ucapan.


"Hentikan segera untuk bertikai di antara kita, membuang energi dengan percuma, saling menyudutkan, saling merusak, atau bahkan memakai alat-alat modernisasi untuk menyebarkan fitnah dan adu domba di antara kita" tegas Surya.


Lebih lanjut Surya menegaskan, musuh bangsa Indonesia bukanlah perbedaan. Baik itu perbedaan atas dasar suku, agama, ras, maupun pilihan politik.


"Tapi perbedaan kita yang paling hakiki sebagai musuh  bersama adalah kemiskinan, kebodohan dan ketidakadilan. Nah inilah merupakan misi besar kita untuk mengisi kemerdekaan ini," ujarnya.


Dalam momen itu Surya juga mengucapkan selamat ulang tahun ke 78 untuk Indonesia. "Dirgahayu ke-78 untuk Indonesia. Dirgahayu lah bangsaku dengan semangat dan cita-cita proklamasi yang terus kita jalankan," tukas Surya. (medcom/*)

Bagikan:

Komentar