|
Menu Close Menu

Inovasi Tanpa Batas: Mahasiswa Unuja Probolinggo Berkarya dengan Buku, Jurnal, dan Proyek Tanpa Harus Menyusun Skripsi!

Minggu, 08 Oktober 2023 | 13.32 WIB



Lensajatim.id, Probolinggo- Kebijakan dari Mendikbudristek yang memberikan pilihan alternatif untuk tugas akhir bagi mahasiswa bukanlah hal baru di Universitas Nurul Jadid (Unuja) di Probolinggo, Jawa Timur.


Di kampus yang berbasis pesantren ini, mahasiswa tidak diwajibkan untuk menyusun skripsi sebagai syarat kelulusan. Mereka diberi kebebasan untuk menyusun jurnal, membuat buku, prototipe, atau proyek lain.


Wakil Rektor III Unuja Probolinggo, Noer Fadli Hidayat, menyatakan bahwa institusi mereka telah lama mendukung kebijakan Kemendikbudristek, termasuk terkait dengan Permendikbudristek nomor 53 tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Aturan yang dikeluarkan pada Agustus 2023 tersebut memberikan beberapa pilihan untuk tugas akhir mahasiswa, seperti skripsi, prototipe, proyek, atau bentuk tugas akhir lainnya baik secara individu maupun kelompok.


Kemendikbudristek memberikan dua tahun masa transisi untuk menerapkan aturan baru ini, sejak aturan tersebut diundangkan. Di Unuja Probolinggo, kebijakan ini sudah lama diterapkan. Mahasiswa dapat memilih untuk menulis buku, jurnal, menyusun proyek, atau jenis tugas akhir lainnya. Landasan dari kebijakan rektor Unuja Probolinggo ini adalah penerapan Kurikulum Outcome Based Education (OBE) atau Pendidikan Berbasis Hasil.


Fadli menambahkan bahwa kebijakan rektor juga didasarkan pada kebutuhan masyarakat. Sebagai kampus berbasis pesantren, Unuja Probolinggo berkomitmen untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat. Salah satu contoh dari tugas akhir mahasiswa adalah pengembangan aplikasi e-hadrah, yang memungkinkan masyarakat untuk bermain seni musik Islami tanpa perlu memiliki perangkat seni hadrah.


Untuk mahasiswa yang memilih tugas akhir berupa prototipe, proyek, jurnal, atau buku, mereka diwajibkan untuk mempertanggungjawabkan hasil karya mereka melalui seminar yang diadakan oleh kampus. Contohnya, pada 24 September 2023, Fakultas Teknik Unuja Probolinggo menyelenggarakan Seminar Project Pengganti Skripsi, di mana 24 karya mahasiswa diuji. Mahasiswa tidak hanya mempresentasikan proyek atau jurnal mereka, tetapi juga mendemonstrasikan hasil karya mereka di depan peserta seminar.


Berikut adalah beberapa judul tugas akhir mahasiswa Fakultas Teknik Unuja Probolinggo:


Klasifikasi Judul Tugas Akhir Menggunakan Bidirectional Long Short Term Memory (BiLSTM) di Fakultas Teknik Universitas Nurul Jadid.

Deteksi Akun Bot Kaggle Menggunakan Deep Neural Networks.

Implementasi Deteksi Peralatan Pelindung Diri (PPE) dengan Menggunakan Django dan Yolo Web di PLTU Paiton.

Analisis Pengaruh Beban terhadap Hasil DGA pada Transformator UAT 2A PLTU Paiton 1&2 untuk Optimalisasi Penggunaan Sendiri.

Desain Model Turbin Sekrup Archemedes Skala Laboratorium untuk Simulator Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Pengembangan Pengering Gabah Tipe Rotari Dryer Berbasis Photovoltaic.

Implementasi Perangkap Hama Bawang Merah Berbasis Spektrum Warna dengan Menggunakan Energi Fotovoltaik.

Analisis Pembentukan Abu pada Dinding Boiler di PLTU Paiton Unit 3.

Web Data Mining dengan Menggunakan Streamlit dan Implementasi Metode KNN, SVM, dan Random Forest.

Aplikasi Layanan Jasa Tukang Bangunan Berbasis Web dengan Menggunakan React JS.

Implementasi Data Mining dalam Analisis Data dan Bisnis dengan Menggunakan Framework Django.

Teknologi Konversi Energi Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO).

Bagikan:

Komentar