|
Menu Close Menu

KH Abdul Chalim Mendapat Gelar Pahlawan Nasional, Begini Kata Gus Habib

Senin, 27 November 2023 | 14.07 WIB

Muhamamd Habiburrahman (Gus Habib), putra Kiai Asep Saifuddin Chalim (Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah Pacet Mojokerto) saat menerima penghargaan Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif dari Forkom Jurnalis Nahdliyin. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Surabaya- Pemerintah Indonesia tahun ini telah merilis nama-nama penerima gelar Pahlawan Nasional Tahun 2023. Dari 6 pahlawan nasional yang disetujui dan ditetapkan Presiden, satu di antaranya adalah pahlawan asal Jawa Barat yaitu KH. Abdul Chalim. 


Muhamamd Habiburrahman (Gus Habib), putra Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Pacet Mojokerto ini menceritakan kiprah kakeknya sehingga layak mendapatkan gelar pahlawan nasional. "Beliau melihat perlunya memahamkan masyarakat bahwa Indonesia sedang dijajah, hanya tidak disadari oleh masyarakat," ujar Gus Habib, Minggu (26/11) malam.


Penerima award Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2023 dari Forkom Jurnalis Nahdliyin (FJN) ini menjelaskan, berangkat dari upaya memahamkan masyarakat tersebut, Kiai Chalim lalu membuat gagasan tentang lembaga pendidikan. Sehingga tidak heran ketika berada di Cirebon, Semarang, dan Surabaya mendirikan sekolah. 


"Di Surabaya mendirikan Taswirul Afkar bersama Mbah Wahab Hasbullah," ungkapnya.


Dalam sejarahnya, sepulang dari Makkah, Kiai Chalim bergabung dengan temannya KH. Abdul Wahab Hasbullah yang memiliki komitmen untuk memerdekakan Indonesia. Ia membantu menangani dan mengelola organisasi-organisasi yang telah dirintis oleh KH. Abdul Wahab Hasbullah, yaitu Nahdlatul Wathan yang kemudian menjadi Syubbanul Wathon.


Saat mendirikan Subbanul Wathon inilah KH. Abdul Chalim bersama dengan KH. Abdul Wahab Hasbullah membentuk Komite Hijaz yang bertujuan untuk mengorganisasikan ulama-ulama di Jawa dan Madura demi mencapai kemerdekaan Indonesia


Dalam sejarah NU saat berdirinya Komite Hijaz, Kiai Chalim menjadi komunikator kunci antara para alim ulama seluruh Jawa. Kiai Chalim pula yang membuat surat undangan serta mengantarkan undangan ke seluruh Kiai di Jawa untuk menghadiri rapat Komite Hijaz.


KH. Abdul Chalim menulis surat undangan kepada seluruh ulama pesantren di Jawa dan Madura untuk hadir pada pertemuan yang diselenggarakan Komite Hijaz pada 31 Januari 1926. Isi surat yang menekankan pada tujuan kemerdekaan Indonesia mendapat respon yang luar biasa dari para ulama sehingga sebanyak 65 ulama hadir dalam pertemuan tersebut.


Dalam kepengurusan pertama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Kiai Chalim menjabat sebagai wakil katib. Berbagai momen penting NU selalu dihadiri oleh Kiai Chalim. 


Kiai Chalim turut gerilya dalam perang 10 November 1945 di Surabaya yang diawali oleh Resolusi Jihad KH Hasyim Asy'Ari. Pada tahun 1958 Kiai Chalim menjadi pelopor pembentukan Pergunu, sampai beliau wafat pada 11 April 1972. (Red)

Bagikan:

Komentar