|
Menu Close Menu

Tim AMIN Optimis Meraih 60% Suara di Gorontalo

Selasa, 09 Januari 2024 | 22.02 WIB

 

Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) AMIN, Rachmad Gobel bersama Anies Baswedan. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Gorontalo- Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) yang juga Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmad Gobel optimistis pasangan nomor urut satu itu akan menang di Provinsi Gorontalo dengan meraih 60% suara.


“Melihat antusiasme dan dukungan masyarakat Gorontalo seperti pada kampanye AMIN maupun dari hasil dialog saya dengan berbagai elemen masyarakat, kami optimis,” ungkap Gobel kepada wartawan seusai mengikuti kampanye Anies Rasyid Baswedan di Gedung Grand Sumber Ria, Kota Gorontalo, Senin (8/1/2024).


Menurutnya, undangan yang disebarkan sebanyak 2.500, tetapi yang hadir sekitar 7.000 orang. Di dalam gedung sekitar 5.000 orang dan di luar gedung sekitar 2.000 orang. Massa juga hadir di acara Desak Anies di tengah persawahan di Desa Bulotangi, Kecamatan Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango, yang bertema pertanian. Anies juga melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional Nani Wartabone di Desa Bube, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.


Di sepanjang perjalanan dari Bandara Djalaluddin hingga ke tempat-tempat acara, massa bergerembol menunggu Anies melintas. Di sejumlah tempat Anies harus menghentikan mobilnya untuk menyalami warga karena jalanan dipadati massa. Ia juga harus terus melambaikan tangan untuk menyapa warga. Sesekali ia membagikan kaos ke warga.


Sejumlah tokoh partai yang tidak pengusung AMIN juga tampak dalam kerumunan massa. Itu menunjukkan pendukung AMIN tidak hanya dari tiga paartai pengusung tetapi juga dari partai lain. "Ini jelas memprlihatkan bahwa dukungan terhadap AMIN sangat besar, melampaui dukungan partai pengusung," kata Gobel.


Gobel mengatakan, masyarakat Gorontalo merasa aspirasinya cocok dengan visi-misi yang dipaparkan pasangan Anies-Muhaimin.


“Gagasan dengan memasukkan Gorontalo sebagai salah satu dari 40 kota di Indonesia yang akan dibangun setara Jakarta sangat memenuhi harapan masyarakat Gorontalo. Pak Anies menyampaikan bahwa Gorontalo akan menjadi kota agropolitan yang berbasis pertanian dan kelautan,” katanya.


Dengan memasukkan Gorontalo sebagai salah satu dari 40 kota, tambah Gobel, maka akan ada dana dari pusat yang mengalir ke daerah itu.


“Dampaknya bukan hanya untuk 40 kota tersebut, tapi untuk kabupaten-kabupaten di sekelilingnya. Ini artinya akan terjadi pemerataan yang masif dan terciptanya keadilan untuk semua,” urai Gobel.


Hal ini juga sesuai dengan visi, misi, dan apa yang sudah dilakukan Rachmad Gobel selaku anggota DPR RI sejak 2019. Ia telah melakukan uji coba demplot pertanian jagung, padi, singkong, dan nanas.


Untuk tanaman padi dan jagung berhasil meningkatkan produksi 2-3 kali lipat. Hal itu sangat menguntungkan petani. Bahkan untuk singkong, dari umumnya satu batang hanya menghasilkan 2-3 kg, dari uji coba yang dilakukannya bisa menghasilkan 20-30 kg per batang.


Gobel juga sukses membangun perkebunan kakao dan mengintegrasikan dengan industri pangan hingga tingkat global, sehingga ada coklat bermerek Otanaha dan bertuliskan Gorontalo yang dipasarkan di Jepang.


Selain itu, Gobel juga sedang membangun ekosistem pertanian dengan membantu penyediaan traktor, cultivator, mesin pemanen, penggilingan beras, hand spray, pupuk, bibit, pembangunan irigasi, dan koperasi petani.


Ia pun memberikan bantuan untuk nelayan seperti perahu, jaring, pelampung, dan koperasi nelayan. Juga membantu pendanaan, pemasaran, festival, dan pariwisata untuk membantu pengembangan UMKM pangan dan UMKM berbasis budaya.  


Dalam konsep Gorontalo sebagai kota Agropolitan yang dikemukakan Anies di acara Desak Anies, terungkap bahwa di Gorontalo akan dibangun infrastruktur jalan raya, transportasi yang terintegrasi, kawasan waterfront city, dan sebagainya.


“Ini semua sejalan dengan Visi 2051. Jadi tak ada alasan bagi rakyat Gorontalo untuk tidak mendukung penuh pasangan AMIN. Insyaallah akan menang besar. Rakyat Gorontalo adalah masyarakat yang menjunjung tinggi kejujuran dan komitmen,” katanya.


Gobel menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada aparat kepolisian, tentara, dan seluruh pihak terkait yang telah membantu kelancaran dan kesuksesan kampanye Anies di Gorontalo. Ia juga memuji sikap masyarakat yang bisa menjaga ketertiban dan kelancara acara.


“Ini menunjukkan tingginya budaya dan adab di Gorontalo. Kita harus tunjukkan karakter Gorontalo yang menyukai kemajuan dan keadaban,” paparnya. (nasihin/*)

Bagikan:

Komentar