> Kementerian Perikanan dan Kelautan Perkenalkan Aplikasi Deteksi Ikan, 80 Persen Akurat Lensajatim.id
|
Menu Close Menu

Kementerian Perikanan dan Kelautan Perkenalkan Aplikasi Deteksi Ikan, 80 Persen Akurat

Sabtu, 13 Juli 2019 | 10.17 WIB


Sosialisasi Aplikasi tangkap ikan di Bangkalan

BANGKALAN - Seiring dengan perkembangan dunia digital, kementrian perikanan dan kelautan menciptakan aplikasi sistem informasi kenelayanan (Nelphin,red) yanh dapat digunakan oleh para nelayan. Aplikasi ini memiliki tingkat keakuratan hingga 80 persen.

Saat ini, kementrian perikanan dan kelautan telah mensosialisasikan aplikasi ini ke seluruh wilayah Indonesia. Salah satu Bangkalan juga menggelar sosialisasi kepada nelayan hari ini,(12/7/2019) di aula kantor dinas kelautan dan perikanan Bangkalan.

Sebanyak 20 nelayan dan penyuluh turut serta dalam sosialisasi ini. Hanya dengan menggunakan handphone android, aplikasi ini dapat diunggah dan digunakan hanya dengan memasukkan no identitas ataupun nomer kartu nelayan.

"80 Persen aplikasi ini akurat untuk menunjukkan posisi daerah potensi ikan, jadi nelayan hanya tinggal melihat aplikasi saat melaut," jelas Denny Wijaya Kusuma peneliti balai riset dan observasi laut.



ini diharapkan dapat membuat tangkapan nelayan bertambah. Selain itu, dengan aplikasi ini nelayan dapat memprediksi pengeluaran saat melaut, sebab aplikasi ini juga menunjukkan jarak antara daratan dan lokasi ikan berkumpul.

"Aplikasi ini dihadirkan untuk memberikan kepastian bagi nelayan saat akan menangkap ikan. Dari aplikasi, nelayan bisa melihat wilayah mana yang memiliki potensi ikan,"pungkasnya. (yis/lil)

Bagikan:

Komentar