> Pandemi Covid 19 Membuat Orang Tua Lebih Bisa Menghargai Guru
|
Menu Close Menu

Pandemi Covid 19 Membuat Orang Tua Lebih Bisa Menghargai Guru

Sabtu, 12 Desember 2020 | 18.09 WIB

Webinar Sesi ke-3 DPW Garnita Malahayati Partai Nasdem Jatim


lensajatim id Surabaya-
Pandemi Covid 19 yang hingga kini belum berakhir, satu sisi membawa hikmah tersendiri bagi kehidupan masyarakat. Salah satunya sekolah yang saat ini dilakukan dengan daring atau online membuat para orang tua lebih memahami pentingnya dan menghargai seorang guru. 


Hal tersebut dikemukakan oleh, Khoiruddin Bashori, Direktur Kerjasama Yayasan Sukma saat menjadi pembicara Webinar Sesi ke-3 dengan tema " Heutagogi Bagi Guru Paud di Masa Pandemi" yang diselenggarakan oleh DPW Garnita Malahayati Partai NasDem Jawa Timur. 


" Covid 19 ini juga ada hikmahnya, salah satunya bagi para orang tua lebih bisa menghargai profesi seorang guru," terang Khoiruddin Bashori, Sabtu (12/12/2020).


Menurut Khoiruddin, di masa Pandemi Covid 19, saat sekolah dilakukan secara online, para orang tua tidak semuanya bisa dengan mudah menemani anaknya belajar secara online, terutama para orang tua yang tidak memiliki latar belakang sebagai guru. 


Sehingga kesulitan tersebut, membuat orang tua sadar akan pentingnya keberadaan seorang guru yang mengajar anaknya di sekolah. Meski sebenarnya, tugas mendidik anak yang utama itu, tugas orang tua. 


Khoiruddin juga menjelaskan, dalam pendidikan sangat penting kemampuan mengapresiasi kemampuan anak, baik itu oleh orang tau, ataupun oleh guru. Seringkali, cara mengapreasiasi banyak dilakukan dengan memberikan penghargaan berupa benda atau material saat anak bisa menjalankan tugas atau perintah. 


" Hanya saja alangkah lebih baiknya, apresiasi itu juga penting berupa non material, seperti bentuk pujian atau penghargaan lain yang sifatnya mungkin lebih ke arah  sosial," tandas Khoiruddin saat menjawab beberapa pertanyaan dari peserta. 


Hal senada juga disampaikan Ahmad Baidowi,  Ketua Bidang Kaderisasi dan Pendidikan Politik DPP Partai NasDem bahwa dalam pendidikan  Heutagogi itu yang terpenting adalah kemampuan seorang guru dalam mendengarkan. Sebab, menurutnya, dengan begitu lebih memberikan kesempatan pada anak untuk menyampaikan ekspresinya. 


Selain itu, Guru juga dituntut tahu tumbuh kembang otak anak. " Pendidikan PAUD ini ujung tombak dari proses pendidikan," terangnya. 


Lilyana Phandeirot, Sekretaris DPW Garnita Malahayati Partai NasDem Jatim saat dikonfirmasi usai acara menjelaskan kegiatan yang dilakukan sudah yang ketiga kalinya, dan itu wujud nyata dari upaya Nasdem dalam memberikan edukasi pada Ibu-ibu dan para guru di masa pandemi Covid 19.


Kegiatan yang dimulai sejak jam 14.00 WIB tersebut berlangsung dengan lancar. Para peserta yang hampir 200 orang juga terlihat antusias dalam menyimak paparan para narasumber. Apalagi dipandu dengan moderator yang  memahami tentang pendidikan anak yaitu Esthi Susanti Hudiono.  (Had)

Bagikan:

Komentar