|
Menu Close Menu

PSI Pulangkan 10 Wanita Diduga Diperlakukan Tidak Manusiawi di Surabaya

Sabtu, 13 Maret 2021 | 19.09 WIB

 

Pengurus PSI Pengadvokasi Wanita yang diperlukan tidak manusiawi oleh LPTKS Surabaya (Dok/Lim)


lensajatim.id Surabaya- Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia (DPD PSI) Surabaya mengadvokasi tiga wanita asal Kediri yang diduga diperlakukan tidak manusiawi  oleh Lembaga Penempatan Tenaga Kerja Swasta (LPTKS) di Surabaya.


Berdasar informasi dari Pengurus PSI, tiga wanita tersebut,  bertahan hidup dengan cara memakan sabun serta meminum dari air mentah, hingga tidur hanya di bawah gubuk yang tidak tertutup beralaskan papan yang sangat tidak layak untuk dihuni manusia


Setelah DPW PSI Jatim mendapatkan laporan dari Ketua DPD PSI Kabupaten Kediri Suliyono bahwa ada warga dari Kabupaten Kediri disekap disurabaya, kemudian pihaknya  meneruskan informasi tersebut ke Ketua DPD PSI Surabaya Yusuf Lakaseng, dan dibawah komando Yusuf kami berhasil memulangkan  10 orang yang di LPTKS.


"Saya mengapresiasi tindakan advokasi dari Dinas Tenaga Kerja Jatim dengan segera menindak lembaga tersebut" ujar Teguh Cahyadin, Ketua DPW PSI Jatim kepada LensaJatim, Sabtu (13/03/21)


Menurut temuan dari beberapa pengurus DPD PSI Surabaya, LPTKS tersebut sudah kadarluarsa, sehingga dinas tenaga   propinsi meminta untuk LPTKS tersebut mengurus ijin serta memulangkan terlebih dahulu tenaga kerja.

 

"Dan meminta untuk mengurus ijin terlebih dahulu kepada pihak LPTKS itu, sembari membuat surat pernyataan bahwa tidak akan mengulangi perbuatannya dengan surat pernyataan diatas materi" bebernya.


Pihaknya  mengapresiasi kinerja team dari DPD Kabupaten Kediri dan Surabaya serta Anggota DPRD Kota Surabaya Tjutjuk.


" Karena Sampai saat ini menurut pantuan dari kawan DPC tidak ada kegiatan di PT tersebut. Saya berharap hal tersebut tidak terjadi lagi di Jatim. Kami PSI siap mengawal dan kerja untuk rakyat," pungkasnya. (Lim)

Bagikan:

Komentar