|
Menu Close Menu

Unik, Ratusan Nelayan Bangkalan Kibarkan Bendera Merah Putih di Tengah Laut

Selasa, 17 Agustus 2021 | 23.19 WIB


Nelayan di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur saat Melakukan Pengibaran Bendera Merah Putih di Tengah Laut (Dok/Istimewa)


lensajatim.id Bangkalan- Ratusan nelayan di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur melakukan pengibaran bendera merah putih dalam rangka HUT RI ke 76.  Uniknya, kegaiatan tersebut dilakukan di tengah laut. 


Demi mengibarkan bendera merah putih di tengah laut, ratusan nelayan tersebut menaiki perahu sejauh kurang lebih 1 kilometer ke Batu Layar dari daratan Desa Martajesah. Pemilihan lokasi tersebut tidak lepas dari faktor sejarah yaitu merupakan tempat uzlah Syaichona Mohammad Cholil.


Kegiatan tersebut dilaksanakan atas kerjasama Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Bangkalan bersama Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) Bangkalan.



Pasiter Kodim 0829/Bangkalan Kapten Inf Slamet Gunarto didaulat menjadi pembina upacara. Sedangkan anggota HIKAPAD bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih.


Suryadi selaku Ketua DPD KNTI Kabupaten Bangkalan saat ditemui media usai kegaiatan menjelaskan bila hal tersebut selain bentuk kecintaan nelayan kepada laut Indonesia yang kaya, juga sebagai refleksi kemerdakaan bagi kaum nelayan. 


Arti kemerdakaan bagi kaum nelayan setidaknya ada tiga hal. Nelayan bisa dikatakan merdeka bila nasibnya lebih baik dan sejahtera. Kemudian, nelayan merdeka ketika tidak ada perampasan ruang laut. Tidak ada penyempitan area demi kepentingan para pemilik modal. " Mislanya seperti reklamasi, penyempitan sungai, eksplorasi migas dan yang lainnya," beber Suryadi. 


Selain itu, mantan aktivis HMI Bangkalan ini menambahkan kemerdakaan nelayan berikutnya ketika insfratruktur nelayan bisa dipenuhi. Artinya, pemerintah mampu memberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh para nelayan. " Itu sebagaimana  termaktub dalam UU Nomor 7 tahun 2016 tentang Pemberdayaan dan Perlindungan nelayan, Pembudidaya dan Petambak Garam," tandasnya. 


Suryadi menuturkan bahwa nelayan merupakan pahlawan protein, makanya pemerintah wajib memfasilitasi segala kebutuhannya. Laut bagi nelayan merupakan sumber kehidupan. " Makanya kami mengibarkan bendera di tengah laut," pungkasnya. 


Ditempat yang sama, Ketua HIPAKAD Kabuapten Bangkalan, Hendrayanto, mengungkapkan bahwa pihaknya merasa terpanggil untuk merangkul nelayan, khususnya yang ada di Kabupaten Bangkalan. 


" Ini menjadi ajang untuk memupuk kekompakan bagi para nelayan, meningkatkan kecintaannya pada tanah air, bela negara," tandasnya. (Had/Red)

Bagikan:

Komentar