|
Menu Close Menu

Bupati Salwa akan Bangun Rumah Warga Korban Kebakaran

Kamis, 23 September 2021 | 19.54 WIB

 

Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin didampingi Kalaksa BPBD Dadan Kurniawan saat memberikan bantuan pada warga Dusun Klampok Desa Lumutan Kecamatan Botolinggo (Dok/Ugik).


lensajatim.id Bondowoso,-Untuk meringankan beban warga korban kebakaran. Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin memberikan bantuan yang diserahkan langsung pada warga yang rumahnya menjadi korban kebakaran.


Adapun dua rumah warga yang mengalami musibah kebakaran itu yakni milik warga Dusun Klampok Desa Lumutan Kecamatan Botolinggo dan milik warga Desa Walidono Kecamatan Prajekan.


Kedua rumah milik warga yang hangus terbakar akibat si jago merah itu, sehingga pemkab bondowoso akan membangun kembali rumah tersebut dengan program bantuan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim).



Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin mengimbau kepada masyarakat agar untuk meningkatkan kewaspadaan pada saat musim kemarau seperti ini.


“Di musim kemarau ini. Kalau bakar sampah jangan sembarangan, takutnya api mudah menjalar. Tingkatkan kewaspadaan,” pintanya Kamis, (23/9/2021).


Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Heri Sucahyono, mengatakan pihaknya akan membangun rumah korban kebakaran melalui program rumah akibat bencana.


" Insyaallah realisasi pembangunan akan dilakukan sekitar satu hingga dua bulan ke depan, dengan jumlah anggarannya Rp. 17,5 juta setara dengan RTLH,” ungkapnya.


Sementara menurut pemilik rumah, Ahmad Kacong, kebakaran itu terjadi saat ia dan istrinya sedang takziyah ke desa tetangga pada Rabu (22/9/2021) sekitar pukul 16.30 WIB. 


Kebakaran diperkirakan terjadi karena korsleting listrik. Karena, ia memastikam saat kejadian tak ada yang membakar sampah atau memasak apa pun. 


“Karena korsleting listrik. Kabel yang kebakar pertama, karena apinya dari tengah langsung,” jelasnya.



Beruntung warga sekitar, sigap bahu membahu turut memadamkan api dalam waktu sekitar 30 menit. Sehingga, tak sampai menjalar ke rumah-rumah lainnya. 


“Kalau kerugian ya perkiraannya sekitar Rp 52 juta,” pungkasnya.


Pada kesempatan itu, bantuan yang diberikan berasal dari BPBD Bondowoso, Dinas Sosial, Bank Jatim, Bagian Kesra Pemkab, serta Dinas Perkim. Bantuan tersebut diantaranya, sembako, sandang, peralatan dapur dan lain sebagainya.


Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin Menyerahkan bantuan tersebut didampingi Kalaksa BPBD Dadan Kurniawan, Kepala Dinas Perkim Heri Sucahyono, Kepala Dinas Sosial Anisatul Hamida dan Plt Kabag Kesra Abdul Mufid. (Ugik).

Bagikan:

Komentar