|
Menu Close Menu

Dirikan Dapur Umum untuk Warga Terdampak Erupsi Semeru, NasDem Kabupaten Blitar Siapkan Ratusan Nasi Bungkus dalam Sehari

Rabu, 08 Desember 2021 | 13.14 WIB

Dapur Umum DPD Partai NasDem Kabupaten Blitar bersama Laskar Panji Peduli di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. (Dok/Istimewa).


Lensajatim.id
, Surabaya- 
Erupsi Gunung Semeru mengundang perhatian banyak pihak. Apalagi, erupsi kali ini banyak menelan korban jiwa dan kerugian material yang begitu besar.


Kepedulian terhadap warga terdampak erupsi gunung Semeru juga datang dari DPD Partai NasDem Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Sebagai bentuk kepedulian, dengan berkolaborasi bersama berbagai kelompok masyarakat dari berbagai daerah, NasDem Kabupaten Blitar  bersama Laskar Panji Peduli mendirikan dapur umum bagi warga terdampak erupsi gunung Semeru yang ada di Desa  Oro-oro Ombo,  Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.


" Sebagai bentuk kepedulian kami mendirikan dapur umum, agar bisa membantu masyarakat terdampak untuk kebutuhan makan sehari-hari," terang Nurhadi, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Blitar Jawa Timur, saat dikonfirmasi lewat sambungan telpon. Rabu, (08/12/2021).


Dapur umum tersebut, kata politisi yang juga Anggota DPR RI asal Fraksi NasDem ini, setidaknya dalam sehari menyiapkan 600 bahkan siap sampai 1000 bungkus untuk kebutuhan makan pagi, siang dan sore  dibagikan kepada warga sekitar. " Dan Alhamdulillah tadi malam ada salah satu Kades yang datang ke dapur umum kami, katanya masakannya cocok dan enak," terang Nurhadi.


Sebab, untuk kebutuhan dapur umum, dirinya menggerakkan relawan untuk yang juru masak yang betul-betul memiliki kemampuan baik. Agar makanan yang disajikan enak dan memperhatikan gizi supaya kesehatan warga juga terjaga. " Disini ada sekitar 20 relawan yang kita siagakan, dan pertiga hari ada pergantian supaya kesehatan relawan juga terjaga," terangnya.


Menurut Nurhadi, Dapur umum tersebut akan berlangsung sekitar 15 hari kedepan, sambil melihat situasi dan kondisi. " Setelah 15 hari kalau ternyata masih dibutuhkan oleh warga, kita akan koordinasikan lagi dengan relawan untuk lanjut membuka dapur umum," bebernya.


Dirinya berharap, dapur umum tersebut bisa membantu dan meringankan warga terdampak erupsi gunung Semeru tersebut. " Minimal ini untuk urusan makan sehari-hari mereka bisa terpenuhilah. Disini ada sekitar 10 dapur umum mas, dan kita saling koordinasi agar tidak tumpang tindih penyalurannya," tandasnya.


Nurhadi menambahkan, Dapur umum tersebut juga menampung bantuan dari berbagai daerah seperti baju-baju layak pakai, sembako, kebutuhan pokok lainnya. " Ini tadi berdasarkan laporan ada 300 paket sembako, dan siang ini akan disalurkan ke Desa Supit Urang, yang bersebelahan dengan Oro-oro Ombo Kecematan Pronojiwo," pungkasnya. (Red).

Bagikan:

Komentar