|
Menu Close Menu

Jelang Kedatangan Tim Assesment UGG, Wabup Irwan Pantau Sarpras Lapak Paltuding Ijen

Sabtu, 28 Mei 2022 | 18.31 WIB

Irwan Bachtiar Rahmat, Wakil Bupati Bondowoso saat meninjau secara langsung Sarpras Lapak Paltuding Ijen. (Dok/Nang).

Lensajatim.id,Bondowoso - Selama hampir tiga hari terakhir sejak Kamis (26/5/2022), seluruh jajaran pemerintah daerah dan swasta turun langsung bahu membahu membersihkan kawasan Kecamatan Ijen. 


Ini merupakan salah satu upaya persiapan menyambut tim asesor Unesco Global Geopark (UGG) pada 8-13 Juni 2022 mendatang. 


Tak luput dalam kegiatan bersih-bersih tersebut yakni, kios cinderamata Paltuding. Semua tim membersihkan rumput maupun sampah yang berserakan. 


Landmark dengan tulisan "Welcome to Bondowoso Ijen Geopark" juga terpampang di pintu masuk dekat Paltuding. 


Rambu-rambu pariwisata pun terlihat berjajar rapi. Seluruh kios yang berjumlah delapan itu, masing-masing bahkan telah dipasangi spanduk yang bertuliskan nama pemilik warung. Lengkap dengan logo Ijen Geopark. 


Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat meninjau langsung kesiapan lapak-lapak, kebersihan toilet, serta berbincang dengan para pemilii Lapak yang ada. 


Mardesis Nurhayati, Penjaga Situs Ijen Geopark di wilayah Paltuding, menerangkan, pihaknya telah mengedukasi para PKL agar menjual produk-produk local Bondowoso. Salah satunya yakni kopi asal Bumi Ki Ronggo.


"Kita sudah himbau pada semua warung agar nantinya menjual produk lokal," urainya. 


Bahkan, jika penjualan produk lokal (makanan, red) itu cukup berhasil. Maka ke depan pun pihaknya akan 


"Kalau misalkan jalan, InsyaAllah untuk produk lokalnya (kopi, red) akan terus berkelanjutan,"  tuturnya.


Sementara itu, Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, dikonfirmasi mengatakan, pihaknya telah menyampaikan pada pemilik lapak agar menjual kopi asal Bondowoso saat assesment berlangsung. 


"Karena itu juga ada pengurusnya, nanti dibantu Kades Kalianyar, nanti akan mengedukasi agar tidak lagi memajang kopi-kopi sachet," pungkasnya.(Nang)

Bagikan:

Komentar