|
Menu Close Menu

Bupati Salwa Pimpin Upacara Hari Santri Nasional 2022

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 20.22 WIB

Salwa Arifin, Bupati Bondowoso saat memimpin upacara dalam rangka Hari Santri Indonesia (HSN) tahun 2022. (Dok/Istimewa).

Lensajatim.id, Bondowoso - Bupati Salwa Arifin memimpin jalannya upacra peringatan hari santri nasional (HSN) 2022 di Alun-alun Ki Bagus Asra, Sabtu (22/10/2022). 


Menariknya, upacara tersebut diiikuti oleh para peserta yang mengenakan sarung ala santri. 


Bupati Salwa Arifin dalam kesempatan itu membacakan amanat Menteri Agama RI, yang menerangkan bahwa Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan pada tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. 


Penetapan 22 Oktober tersebut, merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.


Karena itulah sejak ditetapkan pada tahun 2015. Semua elemen masyarakat setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan hari Santri. 


"Tahun 2022 ini, peringatan hari santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan," ujarnya. 


Bupati Salwa Arifin mengatakan maksud tema tersebut yakni bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. 


"Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara," urainya

 

Saat ini, kata Bupati Salwa, santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja. Karena itulah, mengasosiasikan santri hanya dengan bidang ilmu keagamaan saja tidaklah tepat.


"Tapi meski jadi apa saja santri tidak melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama itu sendiri," urainya. 


Peringatan Hari Santri bukan hanya milik santri saja, tapi hari santri milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. 


Oleh karena itu, seluruh masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.


“Melalui momentum upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT Amin,” pungkasnya.(Nang)

Bagikan:

Komentar