|
Menu Close Menu

Gandeng NGO Dari DC Amerika Serikat, MHI Latih Ratusan Pemuda di Bangkalan Berwirausaha

Rabu, 06 Maret 2024 | 06.00 WIB

Kegiatan Pemberdayaan Pemuda melalui ekonomi Berkelanjutan Berbasis Blue & Green Economy yang diselenggarakan oleh MHI bekerja sama dengan EDC NGO dari DC Amerika. (Dok/Istimewa). 

Lensajatim.id, Bangkalan- Muslimah Humanis Indonesia  (MHI) bekerja sama dengan  Education Development Center (EDC) NGO dari DC Amerika Serikat mengimplementasikan program Pemberdayaan Pemuda melalui ekonomi Berkelanjutan Berbasis Blue & Green Economy.


Program tersebut menyasar  pemuda di 5 titik lokasi  yang ada di Kabupaten Bangkalan, yaitu Desa Sepulu Kec.Sepulu , Desa Lerpak Kec . Geger, Desa Sobih Kec. Burneh , Kelurahan Bancaran dan Pondok Pesantren Al Hidayah 1 Bangkalan,dengan setiap titik ada 35 pemuda yang dilatih. 


Dr. Hj. Mutmainah, M. Si , M.PdI, Direktur  MHI menjelaskan  bahwa rangkaian program itu  dimulai dari assesment desa dan pemuda, kemudian sosialisasi program, lalu dilanjutkan dengan pembekalan lewat pelatihan. 


" Untuk tiga jenis  pelatihan meliputi pertama  pengembangan diri pemuda, kedua adalah Blue & Green Ekonomi, dan yang ketiga adalah Kewirausahaan," jelas Mutmainah, Rabu (06/03/2024).


Berikutnya, lanjut perempuan yang akrab disapa Bu Mut ini, bersama 6 anggota MHI lainnya, program  itu akan dilanjutkan dengan pelatihan keterampilan pembuatan produk  berdasarkan potensi alam masing-masing desa. 


" Mereka juga akan dipandu untuk pembentukan UMKM untuk kemandirian proses usaha,  dipandu untuk membangun  jaringan ke steckholder yang berhubungan dengan produk yang akan dibina dengan  harapan UMKMnya tersebut bisa berkelanjutan dengan berkonsolidasi terkait pemasaran agar produk bisa dikenal oleh masyarakat lebih luas. Mampu membuka lapangan pekerjaan bagi para pemuda sehingga mampu mandiri secara economy dan berkelanjutan," tandasnya.


Perempuan yang juga Dosen ini menambahkan, pihaknya memulai program itu dengan melakukan assesment pemuda dengan menyasar pemuda usia 18 - 35 tahun dan dari kalangan ekonomi  menengah kebawah. 


Lalu mereka juga  didorong untuk bisa dilibatkan dalam Musrembangdes dengan  tujuan para pemuda bisa belajar dan mengetahui serta bisa berkontribusi agar desa nya lebih maju dan lebih baik kedepannya.


Sekedar informasi, MHI merupakan organisasi yang beralamatkan di Jalan Teuku Umar no 54 Bangkalan ini akan  melaksanakan program tersebut selama 1 Tahun dimulai dari bulan Desember 2023 sampai bulan November 2024 nanti. (Fiq/Red) 

Bagikan:

Komentar